10 Manfaat Ubi Jalar Untuk Asam Urat

Rheumapas.com – Tanaman ubi jalar secara umum dimanfaatkan sebagai bahan pokok makanan atau camilan. Mengkonsumsi ubi jalar dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama seperti sedang mengkonsumsi nasi. Namun, tidak hanya bagian umbinya saja yang memiliki berbagai manfaat, namun bagian daun ubi jalar pun sarat akan banyak nutrisi  dan penting untuk tubuh seperti baik untuk dikonsumsi untuk penderita asam urat.

Berikut merupakan berbagai manfaat ubi jalar untuk asam urat:

Mengatasi Bengkak

Bengkak terjadi karena berbagai kondisi salah satunya karena penyakit asam urat. Penyakit asam urat dapat menyebabkan pembengkakan di area kaki lebih tepatnya area persendian. Bengkak ini biasanya akan terdeteksi ketika pemeriksaan kadar asam urat dalam darah yang sudah melebihi batas normal. Daun ubi jalar ini dapat dijadikan sebagai solusi mengatasi bengkak karena asam urat dengan cara menghaluskan beberapa helai daun ubi rambat yang tidak terlalu tua lalu gunakan untuk membalut area yang sakit dan bungkus dengan perban.

Diet Asam Urat

Mengkonsumsi daun ubi jalar juga sangat baik sebagai diet untuk upaya menurunkan kadar asam urat sebab kandungan vitamin C dalam pada daun ini. Vitamin C yang dikonsumsi 2 kali lipat dalam sehari dapat meningkatkan pembuangan asam urat lebih cepat sekaligus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber Kalium

Kandungan kalium dalam daun ubi jalar sangat baik untuk mengimbangi kadar asam urat dalam darah dan serta urine sekaligus meringankan rasa sakit pada persendian dan mencegah timbulnya radang.

Meningkatkan Produksi Kalsium Karbonat

Vitamin C dan manfaat magnesium yang ada pada daun ubi jalar sangat baik dalam membantu tubuh dalam produksi kalsium karbonat yang berguna untuk menetralkan asam urat dalam tubuh.

Mengatasi Pengkristalan Zat Purin

Daun pada ubi jalar cukup ampuh dalam mengatasi keluhan sakit pada beberapa bagian sendi tangan dan kaki serta ruas ruas jari. Dengan mengkonsumsi daun ubi jalar, maka rasa sakit pada area yang sakit dapat berkurang.

Mengatasi Pembengkakan Sendi

Pembengkakan sendi yang disertai dengan warna memerah pada sekitar area kulit yang terkena juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar yang mengandung manfaat serat dengan teratur dengan cara mengatasi infeksi atau radang di area sekitar sendi dengan cara menghilangkan zat purin yang menyumbat aliran darah dalam tubuh.

Mengatasi Nyeri

Nyeri yang dirasakan penderita asam urat dapat berkembang hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Nyeri yang dirasa sangatlah kuat dan juga disertai dengan sensasi panas muncul warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Ini juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi daun ubi jalar karena mengandung anti inflamasi dan vitamin C yang cukup tinggi.

Mengatasi Penyakit Ginjal dan Kolesterol

Kedua jenis penyakit ini yakni adalah ginjal dan kolesterol tinggi akan ikut meningkatkan resiko asam urat sehingga harus untuk segera diatasi secara cepat seperti mengkonsumsi daun ubi jalar yang dapat membantu kinerja ginjal dan juga membantu meluruhkan penumpukan kolesterol dalam darah.

Menurunkan Kadar Purin

Daun ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar purin dalam tubuh. Kadar purin yang terlalu tinggi akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi dalam menu diet anda.

Mengatasi Radang Sendi

Peradangan pada sendi yang membuat area persendian yang terkena tampak agak kemerahan dan juga bengkak. Semua ini bisa diatasi secara mudah yakni dengan mengkonsumsi daun ubi jalar secara direbus atau dijadikan jus dan diminum secara teratur yang juga akan mempercepat proses penyembuhan asam urat.

Baca juga