3 Manfaat Siwak Untuk Rematik

Rheumapas.com – Belakangan ini, siwak menjadi tanaman sedang naik daun di tengah-tengah masyarakat. Selama ini siwak telah terbukti secara ilmiah mengandung bahan-bahan yang antibakteri yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nah, ternyata usut punya usut, siwak juga mengandung manfaat penting dalam meringankan gejala rematik. Bagaimana bisa?

Rematik bisa tambah parah jika mulut tidak bersih

Rematik merupakan penyakit autoimun yang biasanya ditandai bersama gejala nyeri sendi. Nyeri sendi pada rematik akibat dari adanya radang dan bengkak pada membran sinovial. Membran sinovial merupakan jaringan yang melindungi sendi.

Mungkin selama ini Anda telah menghindari berbagai hal yang dapat merusak sendi. Namun hal itu mungkin belum cukup jika tidak memerhatikan kebersihan pada gigi dan mulut.

Nyatanya, sebuah penelitian yang telah dilakukan Martin-Luther University Halle-Wittenberg dari Jerman telah membuktikan mulut yang tidak bersih mungkin membuat rematik akan tambah parah.

Dalam studi ini disebutkan, bakteri P. gingivalis yang merupakan penyebab infeksi gusi mungkin saja akan berpindah ke membran sinovial dan hingga akhirnya menyebabkan rematik kambuh.

Maka dari itu, siwak disebut-sebut memiliki manfaat dalam mengurangi gejala rematik karena dapat menghalau bakteri di mulut.

Manfaat siwak untuk rematik

Berikut merupakan manfaat menggunakan siwak untuk mengurangi gejala-gejala pada rematik:

1. Antibakteri

Siwak telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, siwak mampu melawan beberapa jenis bakteri contohnya seperti bakteri gram positif dan gram negatif, yang merypakan penyebab masalah gusi.

2. Antiradang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat siwak untuk rematik selanjutnya adalah mengurangi peradangan di dalam tubuh.

3. Mengurangi rasa sakit

Rasa nyeri pada sendi akibat dari rematik ternyata dapat diobati dengan cara siwak. Kandungan senyawa pada polifenol (tanin) yang terdapat dalam siwak terbukti bisa membantu meredakan rasa sakit, termasuk pada rematik.

Baca juga