Manfaat Petai Cina dan Efek Sampingnya

Rheumapas.com – Salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah petai. Meskipun memiliki aroma yang menyengat, petai dianggap sebagai makanan nikmat, baik itu dilalap secara langsung atau bisa dijadikan campuran bahan makanan lainnya. Lalu adakah sebenarnya efek sampingnya ?

Berikut merupakan manfaat petai cina dan efek sampingnya

Efek samping petai cina

Sebenarnya petai aman untuk dikonsumsi dan tidak ada bahaya pete atau efek samping yang terbukti secara ilmiah, ketika dimakan dalam keadaan matang. Petai memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik setelah dimasak hingga matang, hindari memasak setengah matang.

Semua kacang mengandung senyawa yang lektin, glikoprotein yang hadir di banyak makanan nabati yang biasa dikonsumsi. Masalahnya ialah bahwa lektin yang ditemukan pada kacang mentah dan setengah matang menjadi beracun. Inilah yang kemudian menyebabkan bahaya pete.

Ada beberapa efek samping lektin pada kesehatan manusia dan mereka termasuk – reaksi alergi dan defisiensi nutrisi. Tetapi, bahaya petai yang paling sering ialah mengganggu saluran cerna.

Cara menghilangkan lektin pada petai:

Caranya menghilangkan bahaya pada petai dari lektin sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu merendam dan memasaknya. Cara ini akan menghancurkan lebih dari 95 persen lektin, sehingga efek sampingnya tidak akan terjadi.

Efek samping lain memakan petai adalah bau menyengat petai ini bisa menyebar bahkan setelah Anda konsumsi, bau yang tidak sedap ini akan bertahan lumayan lama.

Kandungan Nutrisi Petai

Petai merupakan sumber mineral terdiri dari kalium, mangan, besi, kalsium, seng, fosfor, tembaga, dan vitamin seperti – vitamin A, vitamin B1, vitamin B9, vitamin B6, folat, dan vitamin C.

Manfaat Petai untuk Kesehatan 

Di balik bahaya petai, sebenarnya petai berkhasiat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara wajar tapi tidak berlebihan. Berikut manfaat petai yang bisa dirasakan:

  1. Membantu mengontrol diabetes

Manfaat petai bisa menjadi pengobatan tradisional, karena petai mentah akan membantu mengendalikan diabetes  dan darah tinggi.

  1. Membantu mengatasi depresi

Sebuah penelitian pada individu yang sedang berjuang dengan gangguan depresi menemukan banyak dari kelompok merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Ini karena petai memiliki triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin membantu tubuh rileks, meningkatkan suasana hati membuat lebih nyaman.

  1. Membantu berhenti merokok

Apakah berniat berhenti dari kebiasaan buruk merokok ?dan ingin alternatif yang lebih murah dan alami? Solusinya adalah petai, mengapa petai? Manfaat dari petai bisa membantu tubuh mendapatkan hasil akhir dari penarikan nikotin, karena petai memiliki kandungan vitamin B6 dan B12, potasium dan magnesium.

Baca juga