Berikut merupakan Manfaat Makanan Kukus

Ada berbagai macam cara atau teknik memasak di dunia kuliner contohnya seperti menggoreng, merebus, memanggang, membakar, dan mengukus. Dari sekian banyak teknik memasak tersebut, menurut para ahli kesehatan, teknik memasak yang baik bagi tubuh adalah mengukus. Karena makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang cukup tinggi sedangkan pada makanan yang dibakar rentan penyakit kanker, sementara makanan yang dipanggang dan direbus dapat mengurangi kadar nutrisinya. Sejak ribuan tahun yang lalu, teknik mengukus ini sudah digunakan mematangkan makanan. Buat kamu yang masih meragukan kesehatan makanan kukus ini, kamu bisa simak beberapa manfaat makanan kukus.

  1. Kadar Nutrisi Lebih Terjaga

Dengan mengukus makanan, kadar nutrisi di suatu makanan jadi lebih terjaga. Meski teknik mengukus dan juga merebus sama-sama sehat, tapi memasak dengan cara direbus dapat mengurangi kadar nutrisi pada suatu makanan. Contohnya saja brokoli direbus, kadar vitamin C nya hanya akan tersisa 30% saja, sedangkan jika dikukus, kadar vitamin C nya masih tersisa sebanyak 81%. Begitu juga kandungan nutrisi pada yang lainnya.

  1. Tekstur dan Warna Makanan Tidak Berubah

Mengukus makanan seperti daging atau sayuran tidak akan merubah tekstur makanan karena ada banyak sayuran yang bentuk aslinya telah berubah setelah dimasak, tentunya hal ini dapat menghilangkan nafsu makan kita. Warna makanan yang dikukus juga akan terlihat lebih cerah sehingga bisa menambah selera atau nafsu makan.

  1. Semua Makanan Bisa Dikukus

Hampir semua makanan bisa kamu olah melalui cara dikukus, mulai dari sayuran, daging sapi, daging ayam, hingga daging ikan. Kamu bisa mengkreasikan makanan apa saja melalui cara dikukus dengan hanya menambahkan sedikit garam agar citarasa yang lebih gurih. Selain makanan utama, masih ada aneka dessert manis yang juga dimasak dengan cara dikukus seperti puding roti, hingga makanan tradisional.

  1. Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit

Mengukus makanan dapat membuat tubuh kamu lebih sehat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker, kolesterol, dan tekanan darah tinggi, hingga obesitas. Makanan yang dikukus akan sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit, dalam masa pemulihan ketika setelah sakit, dan juga pas untuk menu diet sehat kamu.

Baca juga