Manfaat Magnesium Klorida Untuk Tubuh

Untuk apa magnesium klorida?

Rheumapas.com – Obat ini merupakan suplemen mineral yang berguna sebagai pencegah dan mengobati kekurangan magnesium pada darah. Magnesium sangat penting sebagai fungsi sel, saraf, otot, tulang, hingga jantung yang normal. Biasanya, diet yang seimbang menyediakan kadar magnesium yang normal di dalam darah. Namun, pada situasi tertentu bisa menyebabkan tubuh kehilangan magnesium lebih cepat dari yang Anda bisa gantikan dari diet. Situasi seperti ini termasuk pengobatan dengan “pil air” diet yang buruk, kecanduan alkohol, atau hingga kondisi medis lainnya (misalnya, diare atau muntah, masalah penyerapan pada perut/usus, dan diabetes yang terkontrol dengan buruk).

Bagaimana cara menggunakan magnesium klorida?

Minum obat ini sesuai dengan arahan dokter. Ikuti semua petunjuk yang ada pada kemasan produk. Jika Anda tidak yakin tentang informasi, konsultasikan kepada dokter atau pada apoteker.

Cara terbaik ialah dengan meminum suplemen magnesium dengan makanan untuk mengurangi sakit perut dan juga diare jika tidak disarankan oleh instruksi produk atau dokter.

Minum setiap dosis dibarengi dengan segelas air putih (8 ons atau  pada 240 ml) jika dokter tidak menyuruh Anda. Telan kapsul extended release dengan utuh. Jangan menghancurkan atu mengunyah kapsul atau tablet extended karena dapat melepaskan semua obat dengan serentak, akan meningkatkan efek samping. Juga selain itu, jangan memisahkan tablet extended jika mereka tidak memiliki garis pemisah dan juga  jika dokter atau apoteker tidak menyuruh Anda. Telan utuh atau dengan pisahkan tablet tanpa menghancurkan atau mengunyahnya.

Jika Anda sedang menggunakan produk cairan tertentu, gunakanlah alat pengukur obat untuk mengukur dosis dengan hati-hati. Jangan menggunakan sendok rumah karena Anda mungkin saja tidak mendapatkan dosis yang benar. Jika Anda menggunakan suspensi, kocok botol dahulu dengan baik sebelum setiap dosis.

Minum obat ini dengan teratur agar mendapatkan manfaat magnesium untuk tubuh yang maksimal. Ingat minum di waktu yang sama pada setiap harinya. Dosis berdasarkan kondisi medis dan juga respon terhadap pengobatan. Jangan meningkatkan dosis ataupun lebih sering minum obat dari yang disuruh pada kemasan produk atau dokter. Karen ajika terlalu banyak magnesium dalam darah bisa menyebabkan efek samping serius.

Bagaimana cara penyimpanan magnesium klorida?

Obat ini paling baik jika disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya secara langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan juga dibekukan. Merek lain dari  pada obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan yang ada pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda terlebih dahulu.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat disebabkan karena magnesium klorida?

Dapatkan pertolongan medis segera jika Anda memiliki reaksi seperti alergi: gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah,lidah, bibir atau tenggorokan.

Hubungi dokter dengan segera jika adanya tanda kekurangan magnesium dalam darah, yaitu:

  • depresi, merasa cepat lelah atau mudah marah
  • kram pada otot
  • diare parah hingga berkelanjutan

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • diare ringan
  • mual dan nyeri perut
  • sakit perut

Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tertulis di atas. Jika Anda ingin tahu mengenai efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum Anda menggunakan magnesium klorida?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dahulu dokter jika Anda:

  • alergi obat ini, atau sedang mengalami penyakit ginjal, kelainan perut, atau dehidrasi
  • memiliki kondisi medis yang lain atau jenis alergi lainnya
  • hamil atau sedang menyusui. Tidak diketahui apakah magnesium klorida bisa membahayakan janin, atau dapat masuk kedalam ASI hingga membahayakan bayi. Kebutuhan dosis mungkin akan berbeda saat Anda hamil atau sedang menyusui.

Baca juga