8 Manfaat Kentang Merah Bagi Kesehatan

Rheumapas.com – Kentang adalah salah satu satu bahan makanan yang populer di berbagai daerah. Selain sebagai sayuran kentang juga bisa menggantikan peran nasi sebagai makanan yang pokok. Bahan makanan ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih. Sehingga banyak sekali disukai orang. Kentang dapat diolah melalui cara direbus, dikukus, digoreng, atau bisa dibakar.

Seperti kentang putih kentang merah juga ternyata memiliki kandungan nutrisi. Yang diperlukan dan bermanfaat untuk kesehatan diantaranya kaya dengan manfaat kalium, manfaat karbohidrat, dan juga manfaat vitamin C.

Kandungan Kentang Merah

Selain itu kentang merah juga memiliki kandungan antioksidan, natrium, niasin, alkali, air, protein, thiamin, dan  zat besi. Dengan beragam kandungan nutrisi yang penting.

Tidak heran jika dengan konsumsi kentang merah bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan beberapa manfaat kentang merah yang penting untuk kesehatan tubuh:

  1. Sumber energi

Seperti jenis kentang putih dengan mengonsumsi kentang merah yang kaya dengan karbohidrat. Bermanfaat menambah cadangan energi pada tubuh sehingga kita dapat beraktivitas dengan baik.

  1. Mencegah perkembangan sel-sel kanker

Konsumsi kentang merah juga bisa mencegah Anda untuk terkena kanker. Kandungan asam klogenik di bagian kulitnya dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.

  1. Menghambat radikal bebas

Warna merah pada kulit kentang merah yang menandakan adanya kandungan anthocyanin. Yang merupakan salah satu jenis dari antioksidan yang penting untuk tubuh.

  1. Baik untuk kesehatan saraf

Konsumsi kentang merah juga dapat berpengaruh positif pada kesehatan saraf. Hal ini didukung oleh potasium dan vitamin B6 yang dimilikinya yang juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan saraf.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Selain karbohidrat dari kentang merah juga memiliki mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Sehingga akan sangat bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Konsumsi kentang merah bisa membantu memperkuat dan menyehatkan tulang.

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Selain dari manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit. Anda juga bisa memanfaatkan kentang merah agar kulit agar tubuh menjadi sehat dan terlihat lebih cantik.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat dari kentang merah untuk kesehatan juga bisa membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, ruam, rasa panas, dan lain sebagainya. Ini dapat menjadi alternative yang alami untuk mengatasi radang selain untuk berbagai obat-obatan siap pakai salah satunya mefentan.

  1. Meredakan stres

Kentang kerap menjadi pilihan makanan ketika stres terutama kentang goreng. Ini bukan hanya sekedar kebiasaan namun memang sudah terbukti secara ilmu kesehatan.

Kandungan vitamin B6-nya diketahui bisa membantu meredakan stres yang diderita. Selain itu stres biasanya bisa diatasi dengan melakukan kegiatan seperti sauna dan olahraga.

Baca juga