6 Manfaat Daun Talas bagi Kesehatan

6 Manfaat Daun Talas bagi Kesehatan

Rheumapas.com – Daun talas berasal dari beberapa negara pada Asia Tenggara dan India Selatan. Daun yang memiliki nama ilmiah Colucasia esculenta ini cukup fenomenal di masyarakat karena banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam nya yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Wah, kira-kira apa saja manfaat daun talas untuk kesehatan tubuh? langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1.      Mendukung perkembangan janin

Manfaat yang pertama dari daun talas untuk kesehatan ialah dapat mendukung perkembangan janin. Daun talas ini, adalah sumber folat yang merupakan nutrisi yang berperan penting untuk perkembangan janin. Selain berperan penting untuk perkembangan janin, folat juga mampu mencegah ketidak sempurnaan pada kelahiran seperti cacat tabung saraf.

2. Mengobati anemia

Selain berperan penting untuk perkembangan janin, daun talas juga mampu untuk mengobati anemia.

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat sehingga akan menimbulkan reaksi pada tubuh seperti kelemahan dan juga kelelahan. Nah, daun talas ini mengandung zat besi yang berperan sangat penting dalam membantu mengembangkan sel darah merah.

3. Meningkatkan energi

Selain bisa mengobati anemia, daun talas juga mampu dalam meningkatkan energi. Kandungan vitamin B yang tinggi daun talas berperan penting dalam meningkatkan energy pada tubuh. Selain itu, daun talas juga merupakan makanan yang mengandung protein tingkat tinggi yang nantinya akan mampu menghasilkan banyak energi setelah Anda konsumsi.

4. Memperlambat proses penuaan

Nah, ini dia manfaat yang disukai oleh banyak orang dari daun talas yaitu bisa memperlambat proses penuaan. Daun talas memiliki banyak gizi dan mineral yang bisa memperlambat proses penuaan seperti vitamin A, B, C, mangan, , kalium seng, tembaga, dan selenium. Kandungan gizi dan mineral tersebut berfungsi sebagai anti oksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai serangan macam penyakit dan akan memperlambat proses penuaan.

Selain itu, kandungan asam amino yang tinggi di daun talas yaitu threonine, bisa membantu membangun kolagen dan juga elastin, yang keduanya berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan memasukkan daun talas pada menu makanan sehari-hari, dapat membantu meremajakan kulit serta mencegah timbulnya keriput pada wajah

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain bisa memperlambat proses penuaan, daun talas juga terkenal memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi di daun talas dapat merangsang pembentukan sel darah yang lebih banyak dan mampu melindungi tubuh dari patogen yang tidak diketahui sehingga bisa memastikan tubuh tidak rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

6. Mendukung kesehatan mata

mendukung kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya.

Tak hanya mampu untuk meningkatkan kesehatan mata saja, vitamin A tersebut juga mampu untuk menjaga ketajaman penglihatan dan mencegah terjadinya gangguan terhadap kesehatan mata seperti katarak, miopia, hingga kebutaan.

Baca juga