Rheumapas.com – Asam urat merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, terasa panas, meradang, bahkan hingga bengkak. Asam urat menyerang pada beberapa area bagian tubuh seperti di area sendi jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan juga lutut.

Sekarang ini banyak sekali obat alternatif dari alam yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya ialah daun salam, daun yang sangat mudah kita temukan ternyata memiliki banyak sekali khasiat  dan salah satunya untuk penyakit asam urat.

Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat

Sejak pada jaman dahulu daun salam diketahui memiliki berbagai macam manfaat, tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan saja. Daun salam juga dapat digunakan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya ialah asam urat. Ini semua karena kandungan pada asam urat seperti minyak atsiri, tannin, alkaolid, hingga flavonoid. Ingin tahu apa saja manfaat daun salam untuk asam urat?

  1. Dapat menurunkan darah tinggi

Seperti yang di katakana diatas jika salah satu faktor terjadinya asam urat merupakan memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nah, jika Anda sedang memiliki tekanan darah tinggi dan juga menderita asam urat. Ada baiknya Anda memilih daun salam sebagai apengobatan, karena kandungan mineral di dalam daun salam membuat aliran darah menjadi lancar dan tentunya akan menurunkan tekanan darah Anda dan asam urat Anda akan berangsur-angsur menghilang. Baca juga: Manfaat Daun Salam.

  1. Daun salam bersifat diuretik (peluruh kencing)

Karena beberapa kandungan yang ada pada dalam salam, daun yang satu ini bersifat diuretik atau peluruh kencing. Jika dikonsumsi daun salam secara rutin mungkin efeknya akan sering buang air kecil. Daun salam akan memperbanyak pengeluaran urine sehingga juga akan menurunkan kadar asam urat di dalam.

  1. Daun salam bersifat analgetik (penghilang nyeri)

Selain dapat membuang kadar asam urat, daun salam juga bersifat analgetik atau lebih sering disebut penghilang nyeri. Jika kita mengonsuminya dengan rutin, rasa nyeri akibat dari efek asam urat bisa berangsur-angsur menghilang.

  1. Daun salam dapat menurunkan berat badan

Seperti yang kita ketahui, menurut beberapa penelitian. Obesitas merupakan salah satu faktor terjadinya asam urat dalam tubuh. Dan daun salam ternyata juga dapat menurunkan berat badan. Jika berat badan kita kembali normal tentunya asam urat juga akan berangsur-angsur menghilang bukan?

  1. Daun salam dapat menghilangkan bengkak akibat dari asam urat

Asam urat akan menimbulkan nyeri pada sendi, dan yang lebih parah lagi bahkan kita mungkin dapat mengalami pembengkakan karenanya. Dan daun salam lagi-lagi dapat mengatasi yang satu ini, jika Anda mengonsumi daun salam dengan rutin pembengkakan di tubuh akan berangsur-angsur menghilang sedikit demi sedikit. Asal  dikosumsi dengan rutin, pembengkakan karena asam urat bisa hilang.

Baca juga