daun pepaya jepang

Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan

Daun pepaya jepang memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius (dulunya bernama Cnidoscolus chayamansa). Tanaman perdu ini berasal dari Semenanjung Yukatan  tepatnya Meksiko, Amerika Tengah, dan dikenal dengan nama “chaya”.

Di daerah asalnya, tanaman ini dianggap sangat berharga oleh masyarakat pedesaan dan digunakan untuk makanan, tanaman obat, bisa juga sebagai tanaman hias. Chaya telah dikonsumsi masyarakat suku Maya sejak zaman dulu dan hingga sekarang masih terus dikonsumsi oleh masyarakat modern.

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Daun ini biasa dikonsumsi untuk sayuran dan obat. Itu berarti daun pepaya jepang ini diyakini oleh masyarakat memiliki khasiat untuk kesehatan.

Bahkan jika dibandingkan bayam, daun ini jauh lebih bernutrisi: 78% lebih banyak protein, 111%  dan lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan juga 242% lebih banyak vitamin C. Melihat kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, daun ini pastilah bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut merupakan beberapa khasiat daun pepaya jepang untuk kesehatan :

Menambah Darah & Mencegah Anemia

Daun bayam terkenal sebagai sayuran untuk penambah darah dan pencegah anemia karena memiliki kandungan banyak zat besi. Tapi ternyata daun ini  memiliki kandungan zat besi 100% lebih banyak daripada daun bayam. Artinya kita bisa mendapatkan manfaat yang bertujuan untuk menambah darah dan pencegah anemia.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Protein akan sangat penting untuk membangun otot. Karena itu kita harus mengonsumsi protein yang cukup untuk menjaga massa serta kekuatan otot. Dan jika ingin menambah massa otot, maka perlu untuk lebih banyak mengonsumsi protein. Daun ini memiliki protein cukup besar yang akan membantu dalam memenuhi kebutuhan protein untuk otot-otot. Dalam 100 gram daun terdapat 6,2 – 7,4 gram protein serta dapat  memenuhi 12 – 15 % dari kebutuhan protein harian.

Memperkuat Kesehatan Tulang

Daun chaya memiliki kalsium sebesar 200 – 330 mg / 100 g, memenuhi sekitar 20 – 33 % kebutuhan kalsium harian dan juga lebih banyak daripada yang dimiliki jenis-jenis sayuran lainnya.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan berasal dari kandungan tinggi vitamin C di dalamnya (165 – 205 mg / 100 g). Vitamin C adalah antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui cara meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah dan merangsang produksi sel-sel darah putih.

Melancarkan Pencernaan

Disebutkan bahwa serat dalam daun chaya 111% lebih banyak dibandngkan dengan daun bayam. Serat dari sayuran akan menambah berat serta ukuran feses serta melembutkannya. Feses yang besar akan lebih mudah dikeluarkan, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

Melindungi Kesehatan Mata

Kandungan tinggi vitamin A di dalamnya. Dalam 100 g daun Chaya saja, terdapat 1.357 IU vitamin A yang bisa memenuhi sekitar 27% dari kebutuhan vitamin A harian. Kita tentu sudah tahu kalau vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata.

Efek Samping Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan

Daun chaya kaya denganberbagai kandungan nutrisi, dan sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi karena tanaman ini mudah sekali dibudidayakan. Sayangnya, selain kandungan nutrisi, daun ini juga memiliki kandungan senyawa yang berbahaya yaitu sianogen glikosida.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar