Rheumapas – Meski eosinophilia atau peningkatan kadar eosinophil dpada tubuh terdengar culup mengkhawatirkan, sejatinya kondisi tersebut adalah respons alami tubuh untuk melawan infeksi. Eosinophil merupakan salah satu jenis sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi akibat peradangan. Dalam banyak kasus, kadar eosinophil dapat menurun dengan sendirinya jika kondisi medisnya diobati. Oleh karena itu, pastikanlah Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat serta mencoba mengonsumsi obat-obatan antiradang agar membantu menormalkan kembali kadar eosinophil dalam tubuh.

Memperbaiki Gaya Hidup


Kurangi stres

Stres dan kecemasan adalah dua kontributor terbesar yang dapat memicu terjadinya eosinophilia. Oleh sebab itu, selalu luangkan waktu untuk Anda bersantai agar kadar eosinophil pada tubuh Anda tetap terkontrol dengan baik. Amati juga rutinitas sehari-hari Anda dan temukan penyebab stress yang terbesar paling memengaruhi Anda.

Kurangi paparan alergen

Salah satu penyebab tingginya kadar eosinophil pada tubuh yang paling umum adalah alergi. Secara fakta ilmiah, tubuh memproduksi lebih banyak eosinophil sebagai respons terhadap paparan alergen tertentu. Bertujuan untuk mengontrol kadar eosinophil  dalam tubuh Anda, berusahalah untuk menghindari alergen yang berisiko dapat memicu alergi Anda.

  • Alergi rinitis atau hay feverjuga dapat meningkatkan kadar eosinophil  pada tubuh. Untuk mengobati rinitis dan sekaligus mengurangi kadar eosinophil, cobalah untuk menggunakan obat antihistamina.
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap anjing, hindari kontak dengan hewan tersebut. Ketika harus mengunjungi rumah seorang teman Anda yang memelihara anjing, mintalah mereka memasukkan anjingnya dahulu ke dalam kamar selagi Anda sedang bertamu.

 

Jagalah kebersihan tempat tinggal Anda

Bagi beberapa orang yang mengalami alergi debu, debu merupakan iritan yang mampu meningkatkan kadar eosinophil mereka hanya dalam sekejap. Untuk mencegahnya terjadi, selalu bersihkan debu yang menumpuk disekitar Anda.

  • Polen dapat memberikan dampak serupa kepada beberapa orang. Untuk mencegah polen beterbangan memasuki tempat tinggal Anda, usahakan selalu tutup pintu dan jendela jika kuantitas polen di udara sedang tinggi.

Konsumsi makanan yang memiliki kadar asam rendah

Baik penyakit asam lambung maupun sensasi terbakar pada dada mampu meningkatkan kadar eosinophil  dalam tubuh. Oleh karena itu, selalu santap makanan yang sehat serta seimbang seperti makanan rendah lemak yang dapat munurunkan kadar eosinofil, daging tanpa lemak, gandum, atau buat-buahan, dan juga sayuran. Hindari pula makanan yang berkadar asam tinggi seperti tomat, gorengan, tomat, alkohol, min, bawang putih, coklat, bawang bombai, dan juga kopi.

  • Obesitas bisa meningkatkan kadar eosinophilserta risiko penyakit asam lambung. Jika saat ini berat badan Anda berada di atas rata-rata, cobalah untuk menurunkannya agar dapat mengurangi risiko tersebut.

Baca juga