8 Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah

Ada hal yang perlu di ingat bahwa ada makanan yang bisa bikin gula darah melonjak ada juga yang menurun. Hal ini tergantung dari kadar gula sederhana yang dimiliki makanan tersebut. Gula darah Anda bisa melonjak naik dengan seketika jika terus-terusan makan makanan manis, seperti gula, madu, kue, dan makanan yang manis lainnya.

Maka dari itu, alih-alih makan makanan tersebut, Anda sebaiknya memilih makanan untuk mengontrol gula darah seperti beberapa makanan berikut:

  1. Ikan dengan asam lemak omega 3

Bukan hanya gula dan makanan manis saja yang harus  Anda hindari, supaya kadar gula darah normal, Anda harus sebaiknya membatasi makanan yang berlemak tinggi. Nah, sebagai penggantinya Anda dapat memilih makanan yang mengandung lemak baik, seperti ikan dengan omega 3.

Dengan begitu, Anda akan terjaga dari asupan kalori yang berlebihan dan tak mudah lapar. Pilih ikan yang rendah lemak dan tinggi omega 3 seperti:

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan Halibut (Ikan sebelah)
  1. Telur

Makanan yang tinggi protein serta rendah lemak memang baik untuk kadar gula darah. Sumber protein lain yang bisa juga andalkan untuk menjaga kadar gula darah agar normal adalah telur.

Putih telur mempunyai protein yang cukup banyak sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda. Agar tetap sehat, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus.

  1. Whole grain (Biji-bijian utuh)

Makanan yang terbuat dari  biji-bijian utuh adalah makanan yang aman bagi penderita gula darah dan tidak akan membuatnya melonjak dengan tiba-tiba. Contoh dari kelompok jenis

  1. Sayur-sayuran

Jika Anda ingin terbebas dari risiko diabetes, Anda harus ‘berteman’ baik dengan segala jenis sayuran. Karena sayuran adalah sumber serat, mineral dan vitaminyang cukup manjur untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal.

  1. Buah alpukat

Tak hanya mempunyai serat, buah alpukat juga merupakan sumber lemak baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalamn juga sudah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

  1. Bawang putih

Bawang putih telah terbukti bisa membantu  Anda dalam mengontrol gula darah. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa makan bawang putih ketika sebelum makan besar dapat menormalkan kadar gula darah.

  1. Kakao

Kakao, yang merupakan bahan pembuat coklat, ternyata baik dalam menurunkan kadar gula darah yang meningkat pada tubuh. Sayangnya, kakao yang dimaksudkan bukanlah kakao yang telah diolah menjadi cokelat manis.

  1. Kacang-kacangan

Kacang almond mengandung nilai indeks glikemik yang rendah drtdsehingga aman bagi kadar gula darah. Tak hanya kacang almond, Anda juga bisa memilih kacang lain seperti kacang mete, kacang kenari, dan walnut.

Baca juga