Rheumapas.com – Impoten atau disfungsi ereksi merupakan masalah yang sangat umum terjadi pada kalangan pria, terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Namun, Anda bisa saja mengalami kondisi seperti ini sebelum mencapai usia tersebut. Apalagi, jika Anda orang yang termasuk sering mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi penyebab impotensi

Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan impoten terjadi pada pria, salah satunya adalah tingginya kolesterol.

Akan tetapi, efek dari kolesterol tinggi ternyata tidak akan langsung berdampak pada penis. Penyebab umum dari penyakit impoten karena aterosklerosis. Hal tersebut berasal dari kolesterol tinggi hingga menyebabkan penumpukan plak dan mempersempit pembuluh arteri.

Selain dapat menyumbat aliran darah, kolesterol tinggi juga dapat mengurangi reaksi arteri terhadap nitrit oksida, hormon yang menjadi relaksasi arteri. Kondisi ini akan mengurangi aliran darah pada semua organ tubuh, termasuk pada penis. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor pendukung terjadinya impoten akibat kolesterol yang tinggi.

Seperti berkembangnya penyakit jantung, LDL tinggi dan HDL yang rendahakan  turut berkontribusi dalam disfungsi ereksi. Walaupun hingga saat ini belum diketahui berapa lama waktu dibutuhkan kolesterol tinggi untuk dapat menyebabkan impoten, para peneliti telah melihat efek kolesterol tinggi dari impoten selama beberapa tahun terakhir

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab impoten, meskipun tidak dengan secara langsung.

Cara mengatasi penyebab impoten

Setelah kita mengetahui kenapa kolesterol dapat mengakibatkan impoten, mari kita lihat bagaimana mengobati impoten yang disebabkan karena kolesterol tinggi.

  1. Menghindari makanan yang dilarang

Agar tingkat kolesterol naik, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, seperti:

  • Daging merah
  • Telur
  • Minyak sayur tertentu, seperti mentega atau minyak kelapa dll.

Selain makanan dengan lemak jenuh yang tinggi, hindari juga makanan yang mengandung lemak trans tinggi yang akan menyebabkan kolesterol tinggi, seperti:

  • Biskuit
  • Margarin
  • Camilan manis.

Biasanya, makanan olahan juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Orang-orang yang menjalani diet tentu harus membatasi asupan karbohidrat dan juga gula mereka. Hal tersebut juga dapat menyebabkan tingginya kolesterol LDL jahat dan dapat menurunkan kolesterol jenis ‘baik’.

Oleh karena itu, disarankan agar mengonsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi untuk menurunkan risiko impoten, seperti buah, sayur, ataupun ikan. Selain itu, kurangi atau lebih hentikan konsumsi alkohol.

  1. Berolahraga

Selain bisa menjalani pola hidup sehat, rutin berolahraga juga menjaga ketahanan ereksi penis. Mulailah untuk berjalan lebih sering lagi untuk melatih otot dasar panggul Anda, seperti melakukan senam. Akan tetapi, disarankan untuk tidak bersepeda dalam jangka waktu yang lama.

  1. Minum obat

Konsumsi obat-obatan yang telah sesuai anjuran dokter pun juga dapat mengurangi disfungsi ereksi. Nah, obat yang sering direkomendasikan dokter adalah sildenafil yang juga bisa diperoleh di apotek-apotek terdekat. Akan tetapi, dianjurkan untuk Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker untuk mengetahui, apakah aman bagi untuk dikosumsi.

Apabila Anda masih khawatir dengan impotensi atau disfungsi ereksi yang terjadi pada penis Anda, segera konsultasikan kepada dokter Anda agar dapat tahu penyebab secara pastinya impoten yang diderita oleh Anda dan bagaimanakah cara mengobatinya.

Baca juga