6 Makanan Pelumas Sendi Lutut

Rheumapas.com – Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dengan optimal pun berkurang. Sakit pada persendian ataupun tulang kerap dialami orang yang telah menginjak usia 30 tahun ke atas, akibat karena berkurangnya kalsium dan ‘cairan pelumas’ yang turut melindungi otot serta sendi.

Agar persendian tetap sehat serta memungkinkan Anda untuk tetap beraktivitas dengan normal sampai dengan usia tua, diet yang sehat perlu dijalani. Berikut merupakan 6 makanan pelumas sendi lutut:

  1. Salmon

    Begitu menginjak usia 30, pada umumnya orang akan mengalami robekan kecil ditulang rawan. Jaringan yang mirip karet terdapat di persendian ini berfungsi membantu Anda dalam bergerak dengan lancar, baik berjalan, berolahraga ataupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun robekannya cukup kecil, jika dibiarkan akan menjadi gangguan yang fatal seperti peradangan kronis dan terasa sakit saat sendi digerakkan. Salmon, bisa mencegah atau mengurangi peradangan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak sehat ini akan berkhasiat sebagai anti peradangan. Selain itu salmon juga memiliki kandungan vitamin D yang menjaga kesehatan tulang.

  2. Almond

    Peradangan yang terjadi pada jangka pendek sebenarnya tidak berbahaya untuk tubuh karena justru akan membantu tubuh melawan penyakit. Namun jika berlangsung cukup lama bisa ‘mengundang’ radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Maka konsumsilah almond untuk mencegah radang sendi.

    3. Pepaya

    Sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2004 telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko rematik dan radang sendi hingga dengan tiga kali lebih besar. Rajin-rajinlah dalam mengonsumsi pepaya, karena buah tropis ini mengandung vitamin C yang dua kali lebih banyak daripada jeruk. Pepaya juga kaya dengan beta karoten, antioksidan yang baik dalam memelihara kesehatan persendian.

    4. Apel

    Makan satu butir apel pada setiap hari bisa menjauhkan Anda dari penyakit arthritis. Apel mengandung banyak antioksidan yang disebut dengan quercetin. Zat ini akan membantu pembentukan kolagen dan memperlambat penurunan pada produksi kolagen. Selain menjaga kekenyalan serta elastisitas kulit, kolagen juga unsur penting yang terdapat di dalam tulang rawan karena berfungsi sebagai bantalan saat terjadi tekanan atau benturan pada sendi.

  3. Brokoli

    Brokoli memiliki kandungan sulforaphane, zat yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Sayuran hijau ini juga kaya dengan kalsium dan nutrisi penting lainnya yang juga penting dalam menjaga kesehatan sendi.

    6. Kedelai Hitam

    Kedelai hitam kaya mangan dan anthocyanins. Mangan diperlukan untuk sendi agar tetap sehat sampai tua sementara anthocyanins merupakan jenis antioksidan yang dapat mengurangi produksi enzim penyebab radang. Kedelai hitam juga kaya dengan protein. Ketika dicerna oleh tubuh, protein akan diubah menjadi asam amino yang penting untuk pembentukan tulang rawan dan jaringan tulang serta juga sendi.

Baca juga