Rheumapas.com – Memiliki sendi yang sehat membuat tubuh dapat bergerak lebih nyaman. Nyeri sendi juga disebut dengan istilah arthritis atau arthralgia. Nyeri sendi ringan pada umumnya menimbulkan rasa sakit ketika dipakai untuk bergerak, sedangkan kasus yang parah dapat membuat orang hampir tidak dapat bergerak sama sekali.

Penyebab dari nyeri sendi bisa saja beragam. Beberapa di antaranya adalah penyakit autoimun contohnya seperti rheumatoid arthritis dan lupus, kristal pada sendi atau gout  yang biasa ditemukan di jempol kaki, patah tulang, osteoarthritis dan juga septic arthritis (infeksi sendi).

Berikut merupakan 5 makanan yang bisa memperkuat sendi lutut anda:

  1. Sereal

Awali pagi dengan  sarapan semangkuk sereal yang kaya kalsium baik untuk sendi dan tulang. Pilih sereal yang telah diperkaya kalsium, serat dan rendah gula.

  1. Edamame

Edamame merupakan salah satu jenis kedelai Asia yang dikemas dengan banyak kalsium. Empat ons dari edamame bahkan mengandung sekitar 197 mg kalsium. Healthy People dapat membeli edamame segar ataupun yang beku di pasar swalayan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, bok choy, kangkung dan juga seledri merupakan sumber dari kalsium. Healthy People bisa memasukkan mereka masuk dalam menu harian bertujuan untuk memperkuat sendi dan tulang.

  1. Yogurt

Yogurt kaya dengan protein dan bakteri sehat untuk usus, yang baik untuk sistem pencernaan. Anda bisa menemukan 400 mg kalsium per 8 ons sajian. Jadi pilihlah yogurt yang non-fat untuk camilan yang sehat setiap hari.

  1. Susu  Alternatif

Orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami kesulitan dalam mencerna susu. Padahal susu adalah sumber utama kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, orang dengan intoleransi laktosa dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau almond yang juga kaya akan kalsium.

Sendi yang sehat akan membuat  Anda  bergerak lebih nyaman tanpa rasa nyeri yang menyakitkan. Mari menyantap lima makanan seperti di atas untuk memiliki sendi sehat sejak dini.

Baca juga