makanan ini dapat meredakan gigi sensitif

7 Bahan Makanan ini Dapat Meredakan Gigi Sensitif

7 Bahan Makanan ini Dapat Meredakan Gigi Sensitif

Rasa sensitif pada gigi yang disebabkan oleh menipisnya enamel merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas. Diawali dengan gejala nyeri dan linu seusai menyantap makanan panas atau dingin, bila tidak segera ditangani, gigi sensitif dapat berujung pada sakit kepala bahkan infeksi gusi.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan rasa linu pada gigi seperti adanya retakan pada gigi, plak berlebih, dan gigi berlubang. Namun jangan khawatir, beberapa bahan makanan ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa linu yang datang akibat gigi sensitif.

Dilansir Boldsky, berikut 7 bahan makanan ini dapat meredakan gigi sensitif:

  1. Garam

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigi sensitf ialah rutin berkumur menggunakan campuran air hangat dicampur garam. Garam bisa menyeimbangakan pH di dalam mulut, selain itu kandungan alkalinnya juga akan menyingkirkan bakteri jahat penyebab sakit gigi.

  1. Cengkeh

Cengkeh telah lama digunakan untuk obat tradisional dalam mengatasi sakit gigi karena adanya kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menurunkan resiko infeksi pada gigi. Untuk mengurangi linu di gigi, kamu dapat mengoleskan bubuk cengkeh ke dalam gigi yang sensitif. Selain itu campuran air hangat serta beberapa tetes minyak cengkeh juga efektif dalam mengurangi gejala gigi sensitif.

  1. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa dengan teratur ke area sensitif akan meningkatkan bakteri baik Streptococcus dalam mulut yang akan melindungi gusi dan gigi dari rasa nyeri. Tidak hanya itu, kandungan antibakteri pada minyak juga dapat mengurangi plak di gigi penyebab bau kurang sedap.

  1. Bawang putih

Kandungan allicin yang tinggi pada bawang putih berfungsi untuk antibakteri serta obat untuk menurunkan rasa nyeri akibat gigi sensitif. Dengan menempelkan bawang putih halus ke gigi yang sensitif dua kali dalam sehari, rasa linu dijamin akan pergi.

  1. Daun jambu

Dilansir Boldsky, di dalam daun jambu terdapat  antioksidan flavonoid yang akan menyingkirkan bakteri penyebab datangnya nyeri pada gigi. Selain itu, daun jambu juga bersifat analgesik yang mampu meredakan rasa sakit.

  1. Bawang merah

Menempelkan bawang merah yang tinggi dengan flavonoid pada gigi bisa mengurangi rasa sakit akibat bakteri. Caranya, kamu bisa menghaluskan bawang putih kemudian tempelkan pada daerah yang sakit selama lima menit.

  1. Oregano

Selain membuat beragam sajian menjadi lebih lezat serta harum, oregano yang tinggi akan antibakteri, antiradang, dan juga antioksidan bisa mengurangi sakit pada gigi dan gusi dengan efektif.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar