Rheumapas.com – Sendi merupakan penghubung antara tulang sehingga  tulang dapat digerakkan. Sendi juga merupakan perantara antara tulang dengan tulang lainnya sehingga tulang bisa menyatu. Hubungan diantara tulang ini disebut dengan artikulasi.

Untuk terjadinya artikulasi ini, maka dibutuhkan peranan dari sendi . Adapun sendi tersebut diapit oleh tulang rawan yang merupakan bantalan untuk sendi tersebut. Selain dari itu, persendian pada manusia ini juga diapit dengan ligamen. Ligamen ini merupakan bahan yang kuat dan juga lentur.

Berdasarkan arah dan pengaturannya, macam macam sendi dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah :

  1. Sendi Pelana

Sendi pelana merupakan sendi yang berfungsi untuk memungkinan terjadinya gerakan dengan dua arah. Sebagai contoh adalah pada ruas telapak tangan. Bagian ruas pada telapak tangan tersebut ternyata terdapat sendi yang berfungsi untuk mendukung sistem pergerakannya, sehingga mudah untuk melakukan aktivitas apapun.

  1. Sendi Engsel

Sendi engsel adalah sendi yang berfungsi untuk memungkinakan terjadinya gerakan yang hanya pada satu arah saja.  Sendi engsel ini bisanya juga hanya bisa ditekuk dan diluruskan. Jadi sendi engsel ini merupakan kebalikannya dari sendi pelana. Seabagai contoh adalah tulang lutut dan juga tulang siku.

  1. Sendi Peluru

Sendi peluru adalah sendi yang berfungsi untuk memungkinan terjadinya gerakan segala arah. Sebagai contohnya adalah sendi pada paha dan juga bahu. Jika pada bagian sendi ini terjadi suatu masalah, maka pada bagian paha atau bahupun tidak akan mudah untuk digerakkan.

  1. Sendi Putar

Sendi putar merupakan sendi yang berfungsi untuk memugkinkan terjadinya gerakan pada salah satu tulang yang berputar dengan tulang lainnya. Sebagai contohnya adalah tulang sendi pada tulang atlas.

Berdasarkan dari strukturnya sendi dibagi dengan beberapa jenis, antara lain yaitu:

  1. Sendi Fibrosa

Sendi fibrosa merupakan sendi yang tidak memiliki tulang rawan, berfungsi sebagai sendi yang menghubungkan antara satu tulang dengan tulang yang lainnya dengan jaringan ikat fibrosa. Sendi fibrosa ini banyak kita jumpai, namun tidak bisa Anda digerakkan. Sebagai contoh, sutura atau tulang tengkorak.

  1. Sendi Kartilago

Sendi kartilago adalah sendi yang yang berfungsi apabila  ujung –  ujung tulangnya dihubungkan oleh tulnag katrilago, dan disokog oleh ligament. Sendi kartilago dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

  • Sindrokosis , yaitu jenis sendi yang semua persendiannya dibaluti oleh tulang rawan.
  • Simfisis, yaitu jenis sendi yang tulangnya memiliki hubungan dengan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaannya.

 

  1. Sendi Sonovial

Sendi Sonovial merupakan sendi yang memiliki ruang antara sendi sendiri sehingga berfungsi untuk  memungkinkan terjadinya dari banyak gerakan. Pada ujung –  ujung tulangnya, sendi sonovial ini dilapisi dengan tulang rawan hilain yang tipis berfungsi untuk menjaga pengaturan dan juga gesekan antara tulang. Sebagai contoh ialah sendi pada lutut anda.

Baca juga