Langkah Pertama untuk Pertolongan Pertama Pada Cedera Olahraga

Rheumapas.com – Langkah pertolongan pertama pada cedera olahraga adalah hal yang sangat dasar untuk mengurangi rasa sakit ketika sedang mengalami cedera otot akibat dari aktivitas olahraga.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sebaiknya rutin untuk dilakukan.Karena kegiatan ini dapat membawa banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh. Tujuan berolahraga ialah untuk menjaga kebugaran tubuh dalam mengurangi resiko terserang penyakit.

Selain sebagai salah satu dari kebiasaan hidup yang sehat, olahraga juga dapat menjaga kelenturan tubuh. Namun bagi orang-orang yang tidak biasa ataupun jarang melakukan olahraga, maka efek yang akan ditimbulkan bisa menyebabkan rasa pegal dan nyeri pada tubuh.Rasa pegal dan capek pada tubuh dapat sebagai salah satu indikasi otot mengalami cedera.

Sehingga sering kali dibutuhkan pertolongan pertama untuk cedera olahraga.

Pertolongan Pertama pada Cedera Olahraga

Cedera pada tubuh bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga rasa sakit yang juga tidak tertahankan. Aktifitas fisik secara berlebihan, trauma yang membuat otot terkilir, dan juga ketegangan yang terjadi pada bagian tubuh yang merupakan penyebab terjadinya cedera.

Apabila mengalami cedera ringan ketika berolahraga, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama pada cedera olahraga.

Cedera ringan dapat ditangani melalui cara yang sederhana yang bisa dilakukan sendiri oleh Anda di rumah.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada cedera olahraga atau yang disebut dengan R.I.C.E (Rest, Ice, Compression, Elevation):

1.     Istirahat (Rest)

Ketika sedang mengalami cedera sebaiknya bagian tubuh yang sedang mengalami cedera tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat.

Istirahat adalah salah satu proses pemulihan yang dibutuhkan ketika pertolongan pertama pada cedera olahraga.

2.    Kompres Dingin

Cedera bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan juga pembengkakan pada tubuh, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cedera yang ringan adalah dengan cara menempelkan atau mengompres bagian tubuh yang mengalami cedera dengan sesuatu yang dingin contohnya seperti es.

3.    Kompresi (Compression)

Membalut bagian tubuh yang sedang mengalami cedera dengan pembalut yang elastis atau alat perban untuk menghindari penumpukan pada cairan karena pembengkakan.

4.    Elevasi (Elevation)

Apabila Anda  sedang mengalami cedera otot di bagian tubuh yang jauh dari jantung, seperti bagian engkel maka sangat diperlukan tindakan elevasi.

Elevasi merupakan mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera dengan tidak melakukan aktivitas atau gerakan secara berlebihan.

Seperti membengkokan kaki, berjalan hingga berlari.

Kondisi tubuh yang terkena cedera otot perlu diistirahatkan dengan maksimal melalui cara meluruskan bagian tubuh tersebut.

Elevasi bertujuan untuk memperlancar aliran darah yang sedang mengalir dari jantung ke bagian otot dan begitupun sebaliknya.

Adapun beberapa hal yang bisa fi lakukan untuk menghindari cedera pada saat berolahraga:

  • Lakukan pemanasan ketika sebelum berolahraga;
  • Lakukan pendinginan sesaat setelah berolahraga;
  • Teratur melakukan peregangan.

Namun apabila cedera yang dialami serius, maka pertolongan pertama pada cedera olahraga tidak akan cukup.

Perlu dilakukan perawatan yang lebih lanjut oleh tenaga medis, seperti melakukan terapi dengan melalui bantuan fisioterapi.

Baca juga