Rheumapas

labu siam untuk asam urat

Cari Tahu Khasiat Labu Siam untuk Penyakit Asam Urat

Asam urat bisa menyerang berbagai usia, lansia maupun orang-orang muda. Ketika Anda mengalaminya, tubuh akan merasa nyeri di area persendian. Banyak cara untuk mengatasi penyakit asam urat ini, salah satunya dengan memanfaatkan khasiat labu siam untuk asam urat.

Sayuran hijau termasuk pada keluarga labu ini biasa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Contohnya seperti sayur lodeh, tumis, ataupun dimakan sebagai lalapan. Uniknya, selain nikmat dimakan, nyatanya labu siam juga sangat berkhasiat dalam meredakan gangguan asam urat.

Penyebab Asam Urat

Penyakit Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Ketika jumlah asam urat dalam tubuh berlebih, maka kelebihannya akan menumpuk. Tumpukan tersebut akan mengendap di dalam jaringan tubuh pada bentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat).

Purin sendiri merupakan senyawa kimia pada beberapa makanan yang jika dipecah akan menjadi kristal asam urat dan menumpuk di sendi, ginjal, atau pada saluran kencing.

Pada tahap awal gangguan asam urat muncul mungkin gejalanya tidak akan terlalu terasa, atau bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali, sampai pada akhirnya terjadi penumpukan kristal pada berbagai organ.

Peningkatan asam urat bisa terjadi karena adanya gangguan di sistem pembuangan asam urat yang notabene adalah hasil akhir dari metabolisme purin.

  • Laju pembuatan asam urat dalam hati. Karena asam urat terbentuk dari pemecahan purin, kadarnya dalam tubuh akan dipengaruhi oleh jumlah purin yang diproduksi oleh tubuh serta jumlah purin yang diserap dari makanan.
  • Laju pembuangan asam urat melalui ginjal. Pada kondisi normal, asam urat dalam pembuluh darah akan bergerak ke ginjal dan lalu dibuang melalui urine. Pada orang yang menderita asam urat, biasanya pembuangan ini tidak akan terjadi.

Bila asam urat menumpuk dan juga sulit dikeluarkan, maka akan muncul nyeri sendi yang berkepanjangan dan selalu muncul dengan mendadak, terutama ketika sedang malam hari, dan bisa berlangsung hingga 10 hari.

Labu Siam Untuk Asam Urat

Konsumsi serat sangat disarankan bagi penderita penyakit asam urat karena bisa memperlancar proses metabolisme tubuh. Sayuran hijau yang disebut jipang ini rendah kadar purin serta memiliki kadar serat yang baik untuk tubuh. Itu sebabnya labu siam dianggap baik jika dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

Labu siam juga mengandung banyak sekali vitamin serta nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin B6 yang bisa membantu melancarkan proses metabolisme tubuh.

Selain itu, sayuran yang termasuk juga pada family Cucurbitaceae seperti mentimun dan melon. Mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium magnesium dan zink. Berita baik lainnya, labu siam rendah kalori, sehingga aman jika dikonsumsi oleh  penderita asam urat.

Bisa dibilang, labu siam merupakan salah satu obat herbal yang menjanjikan dan bisa digunakan penderita asam urat karena memiliki potensi serta manfaat bagi kesehatan.

Meski terbukti secara penelitian bisa menurunkan kadar asam urat, efek dari konsumsi labu siam bisa berbeda di setiap orang. Bila Anda mengalami asam urat, tetaplah untuk memeriksakan dahulu kondisi Anda pada dokter.

Baca juga

Tinggalkan Komentar