kram karena asam urat

Kram Karena Asam Urat? Begini Cara Mengobatinya

Kram Karena Asam Urat? Begini Cara Mengobatinya

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang perlu Anda waspadai. Pasalnya, asam urat tidak hanya akan menyerang kaum lansia saja, tetapi juga bisa terjadi pada orang muda lho. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit yang mengganggu hingga menyebabkan bengkak di bagian sendi. Itulah mengapa pengidap asam urat merasakan tidak nyaman, bahkan sulit untuk beraktivitas saat penyakitnya kambuh.

Meski penyakit asam urat tidak bisa sembuh dengan total, namun gejalanya tetap bisa dikendalikan.

Pengobatan Asam Urat secara Medis

Pengobatan penyakit asam urat secara medis adalah melalui  cara memberikan obat-obatan untuk meringankan gejalanya dan mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter dalam mengatasi asam urat ialah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Tapi, bila pengidap tidak bisa mengonsumsi kedua obat tersebut, maka dokter bisa meresepkan kortikosteroid.

Pengobatan Kram Karena Asam Urat

Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, asam urat juga dapat Anda obati dengan dengan cara alami:

1. Rajin Minum Air Lemon

Lemon diketahui memiliki kandungan asam sitrat yang mampu mengusir asam urat dari dalam tubuh. Itulah mengapa pengidap asam urat dianjurkan agar meminum air lemon setidaknya dua kali pada sehari agar bisa terbebas dari penyakit yang sangat mengganggu tersebut. Selain itu, kamu yang punya penyakit asam urat juga dianjurkan agar banyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti jambu dan jeruk.

2. Konsumsi Buah dan Sayur yang Kaya dengan Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan University of Maryland, penderita penyakit asam urat harus mengonsumsi banyak buah yang kaya dengan antioksidan, contohnya seperti buah beri. Buah beri berwarna gelap memiliki kandungan flavonoid yang disebut anthocyanin. Kandungan ini yang mampu mengatasi peradangan serta kram yang ditimbulkan ketika asam urat tinggi. Selain buah dan sayur-sayuran, seperti tomat dan paprika juga mampu untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh agar tetap seimbang.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih dipercaya juga dapat membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dari dalam tubuh dengan lebih cepat. Dengan minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari, zat yang tidak terpakai dalam tubuh juga dapat terangkut keluar.

Selain dengan minum air putih, mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air juga bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan pembuangan asam urat.

4. Mengontrol Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab kadar asam urat yang tinggi. Karena itu, bagi kamu yang memiliki berat badan yang berlebih, kamu dianjurkan  menurunkan berat badan melalui  diet sehat. Caranya, pilihlah sumber karbohidrat yag kompleks untuk menu diet kamu.

Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran serta gandum utuh, dan menghindari makanan dan minuman manis. Selain itu, kurangi asupan lemak jenuh yang banyak terdapat pada daging merah, unggas berlemak, dan produk susu yang tinggi dengan lemak. Sebaiknya, pilihlah sumber protein harian yang rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, ikan, serta produk susu rendah lemak atau yoghurt.

5. Hindari Stres

Stres, kualitas tidur yang buruk, serta kurang olahraga bisa menyebabkan peradangan yang dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Karena itu, hindari stres dengan melakukan kegiatan yang positif dan juga menyenangkan. Olahraga yoga disebut-sebut mampu mengatasi stres yang menyerang. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari. Ini karena olahraga bisa melatih sendi, sehingga bisa mencegah timbulnya rasa nyeri sendi akibat asam urat.

Baca juga

Tinggalkan Komentar