6 Khasiat Jus Tomat Untuk Kesehatan

Rheumapas.com – Ada beberapa dari manfaat jus tomat yang bisa Anda dapatkan. Manfaat just tomat ini tentu sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan tomat merupakan buah yang kaya dengan kandungan gizi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari tomat tetapi tidak bisa mengunyah tomat mentah maka Anda juga dapat membuatnya jadi jus.

Kandungan gizi tomat

Tomat termasuk buah yang kaya dengan kandungan zat gizi. Kandungan zat gizi yang berada pada tomat di antaranya adalah Vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, potasium, zat besi, fosfor, magnesium, dan lainnya.

Di samping itu, juga tomat mengandung antioksidan yaitu likopen dan juga karotenoid yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan diri. Selain antioksidan, tomat juga mengandung flavonoid, dan fitosterol yang baik bagi kesehatan tubuh.

Khasiat jus tomat

Khasiat tomat dengan maksimal bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara mentah. Namun, bagi beberapa orang, mengunyah tomat mentah merupakan hal yang sulit meski sudah mengetahui kandungan gizi di dalamnya masih utuh.

Akan tetapi Anda masih bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi jus

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari jus tomat bagi wanita dan pria:

  1. Membuang racun-racun

Makanan dan minuman yang dikonsumsi dan juga udara yang dihirup mungkin mengandung racun. Racun-racun ini dapat membahayakan tubuh bila tidak segera dikeluarkan. Manfaat dari jus tomat dapat membuang semua racun yang ada dalam tubuh.

Kandungan klorin dan juga sulfur pada jus tomat meningkatkan fungsi hati dan ginjal yang juga merupakan organ ekskresi utama. Peningkatan fungsi ginjal dan juga hati ini akan membuat racun-racun pada tubuh terbuang sehingga tubuh menjadi tetap sehat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung harus tetap Anda jaga agar sirkulasi darah menjadi lancar. Jus tomat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Ini dikarenakan manfaat jus tomat yang bisa menurunkan kolesterol.

  1. Meredakan peradangan

Rasa nyeri dan juga sakit akibat dari radang tertentu biasanya akan menyulitkan hari-hari Anda. Manfaat dari jus tomat juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan jus tomat mengandung zat yang memiliki sifat antiinflamasi.

  1. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kondisi darah yang membeku memiliki risiko untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, cegahlah pembekuan darah dengan cara minum jus tomat.

  1. Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Jika Anda ingin menurunkan berat badan akan tetapi mengalami kesulitan maka dengan mengonsumsi jus tomat akan membuatnya lebih mudah. Jus tomat bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

  1. Menjaga kesehatan mata

Banyak orang terdahulu yang menyarankan anak-anaknya untuk mengonsumsi tomat agar memiliki mata yang sehat sehingga akan terhindar dari pemakaian kacamata. Hal ini adalah benar karena tomat mengandung vitamin A.

Vitamin A atau retinol yang ada dalam jus tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat jus tomat dapat membuat penglihatan Anda tetap dalam kondisi baik.

Baca juga