Rheumapas.com – Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebalkan yang selalu kambuh terutama ketika cuaca dingin, asam urat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Bahkan pada tingkat lanjut dapat menyebabkan penderita akan mengalami radang sendi hingga kelumpuhan. Penyakit ini bisa disebabkan karena pengkristalan asam urat pada bagian sendi atau karna tinggalnya kadar asam pada pembuluh darah.

Khasiat Daun Sukun untuk Asam Urat

Penyebab seseorang yang terkena asam urat yaitu karena makanan yang dikonsumsi nya terlalu banyak mengandung zat bernama purin, jika mengurangi makanan yang mengandung zat purin, maka terjadinya penyakit asam urat dapat Anda dicegah tapi jika sudah terlanjur terkena penyakit asam urat maka yang dilakukan ialah cara untuk bisa mengurangi kadar asam urat tersebut.

Daun sukun merupakan daun yang berasal dari tanaman artocarpus altilis). Daun sukun ini memiliki ukuran lumayan besar, memilki warna hijau tua mengkilap pada sisi atas dengan tekstur yang keras seperti kulitkasar dan berbulu halus pada bagian bawah daun. Dalam beberapa penelitian daun sukun kering ini memilki senyawa yang kuat seperti zat anti inflamasi, , asetikolan asam hidrosianat dan tannin.

Untuk mendapatkan khasiat daun sukun untuk asam urat, Anda dapat membuat ramuan teh dari daunnya. Berikut ini adalah cara membuatnya:

  • Pertama siapkan daun sukun secukupnya yang sudah tua serta terlihat bagus
  • Kemudian cuci daun sukun hingga bersih
  • Kemudian daun sukun tersebut direbus dengan cara menggunakan air biasa sebanyak 5 gelas hingga mendidih
  • Setelah itu, tambahkan air dan kemudian didihkan
  • Apabila sudah, tunggu sampai dingin untuk dikonsumsi
  • Minum ramuan teh daun sukun ini secara rutin untuk mendapatkan hasil efektif

Mengatasi penyakit jantung

Manfaat daun sukun berikutnya yaitu mampu  mengatasi penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadungan sitosterol dan flavonoid pada daun sukun secara signifikan bisa menjaga jantung dari berbagai kerusakan kardiovaslular.

 Manurunkan kolesterol

Pada dasarnya ada banyak penyebab kerusakan kardiovaskular, salah satunya bisa disebabkan karena tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Mencegah naiknya kadar kolesterol pada darah terkadang sulit untuk dilakukan, terutama jika kita kesulitan dalam menjaga pola makan. Selian wajib menjaga pola makan, Anda juga bisa menggunakan daun sukun dalam membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga