Khasiat Buah Belimbing Untuk Darah Tinggi

Rheumapas.com – Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah meningkat. Tingginya tekanan darah terhadap penyakit hipertensi dapat diturunkan dengan obat maupun tanpa menggunakan obat. Pada umumnya, usaha penurunan tekanan darah tinggi tanpa menggunakan obat biasanya dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi jus. Salah satu jus yang direkomendasikan bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah buah belimbing.

Belimbing

Belimbing atau star fruit adalah buah yang konon berasal dari Indonesia, India dan juga Sri Lanka dengan bentuk bintang dan juga bersegi. Pada saat ketika baru tumbuh, buah belimbing biasanya berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning kehijauan pada saat sudah matang. Apabila dipotong, buah ini memiliki penampang berbentuk bintang dan dengan biji kecil berwarna cokelat. Ketika di makan, belimbing memiliki rasa renyah, manis dan juga sedikit asam.

Kandungan gizi yang terkandung pada buah belimbing adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta beragam mineral yang lainnya seperti zat besi kalsium, fosfor, kalium , serat dan pektin. Vitamin C pada belimbing juga dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh Anda.

Khasiat Buah Belimbing untuk Darah Tinggi

Konon, katanya khasiat buah belimbing untuk darah tinggi efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila konsumsumsi menjadi jus. Hal ini disebabkan karena kandungan kandungan serat, mineral, vitamin dan  juga beragam antioksidan di dalam buah belimbing yang berguana untuk penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Meskipun begitu, konsumsi buah belimbing tidak disarankan bagi para penderita ginjal karena dapat menimbulkan efek buruh bagi penderita penyakit ginjal.

Untuk mengkonsumsi buah belimbing dalam bentuk jus sebagai penurun tekanan darah, Anda dapat langsung memblender atau bisa dengan campuran air dan gula secukupnya.

Baca juga