manfaat biji anggur

3 Manfaat Biji Anggur Yang Harus Anda ketahui

3 Manfaat Biji Anggur Yang Harus Anda ketahui

Rheumapas.com – Anggur merupakan buah yang sangat populer dikonsumsi. Bukan hanya di Indonesia saja, seluruh dunia juga sudah tidak asing dengan buah dari tumbuhan perdu ini.

Dilihat dari segi kesehatan, buah anggur juga sangat baik dalam membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh karena kandungan senyawa pada polifenol dan resveratrol-nya. Aktivitas yang terkait adanya senyawa metabolit sekunder pada buah anggur juga berperan sebagai senyawa dari antioksin dan mampu untuk menangkal radikal bebas.

Buah yang termasuk pada famili Vitaceae ini pertama kali dibudidayakan pada tahun 4000 SM pada Timur Tengah. Awalnya, buah anggur hanya dikonsumsi sebagai penutup makanan masyarakat golongan atas.

Namun, beberapa lama kemudian, ditemukanlah cara baru untuk mengolah anggur menjadi minuman dan hingga saat ini orang juga terus berkreasi menemukan produk-produk baru dengan buah anggur. Misalnya, ekstrak biji anggur yang juga sangat baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat biji anggur bagi tubuh? Yuk simak informasi yang selengkapnya berikut ini:

1. Mencegah metastasis dan invasi sel kanker

Manfaat  dari biji anggur yang paling terkenal ialahy dapat mencegah invasi dan metastasis sel kanker pada tubuh.

Invasi ialah proses penjalaran sel tumor ke daerah di sekitarnya sehingga akan menimbulkan kerusakan pada jaringan di sekeliling organ yang juga terjangkit kanker. Adapun metastasis adalah invasi sel tumor pada jarak yang lebih jauh lagi sehingga memungkinkan tumbuhnya sel tumor yang sama pada tempat yang baru.

Dr. Masquelier, adalah seorang ilmuwan asal Perancis, menemukan zat antikanker yang berupa proanthocyanidins pada biji buah anggur. Proanthocyanidins cukup terbukti ampuh untuk menangkal radikal bebas 20 kali lipat lebih efektif dari vitamin C.

2. Mencegah stroke

Manfaat lain dari biji anggur adalah mengurangi risiko terhadap penyakit stroke. Menurut hasil penelitian, biji buah dari anggur terbukti memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh.

Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pada pembuluh darah. Kelenturan pembuluh darah sangat penting dalam mencegah gejala stroke.

Semakin menuanya usia manusia, kondisi pembuluh darahnya juga dapat semakin rapuh dan juga rentan terjadi penyumbatan yang dapat menyebabkan stroke maupun penyakit jantung koroner.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Tulang merupakan bagian tubuh yang penting harus mendapat perhatian khusus. Tulang bukan hanya berfungsi untuk penyokong tubuh, namun juga sebagai tempat melekatnya otot, perlindungan organ penting da jugan sel-sel darah, atau sebagai tempat penyimpanan mineral dan juga energi. Jika kesehatan tulang Anda terganggu maka peredaran sari makanan dan oksigen pada seluruh tubuh juga akan terganggu.

Biji buah anggur mengandung kalsium yang baik untuk memelihara kekuatan tulang. Ini sangat baik jika dikonsumsi kaum Hawa, sebab wanita memiliki risiko yang lebih besar terserang penyakit keropos (osteoporosis).

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk menyehatkan jantung, melawan kanker, mengatasi nyeri saat haid, dan dapat  membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda tak ingin repot untuk mengolah biji anggur dalam dijadikan suplemen kesehatan, ada alternatif yang lain bisa dilakukan, yakni dengan cara mengonsumsi ekstrak biji anggur yang ketika saat ini banyak tersedia di pasaran. Namun, pastikan selalu untuk menyimak cara dan dosis penggunaannya

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar