Rheumapas

Ketahui Kadar Asam Urat Normal dalam Tubuh

Asam urat adalah gangguan kesehatan yangumum terjadi pada masyarakat Indonesia, terutama pada mereka yang telah berusia lanjut. Gangguan kesehatan yang satu ini sering kali menyebabkan sakit pada area sendi yang ditandai dengan adanya pembengkakan sekaligus peradangan. Bahkan, tak jarang kondisi ini membuat seseorang mengalami kesulitan untuk melakukan pergerakan normal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kadar asam urat normal di dalam darah untuk mencegah terjadinya gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa gangguan asam urat sebenarnya tidak hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Akan tetapi, mereka yang masih berusia muda pun dapat mengalami gangguan asam urat kapanpun itu. Oleh karena itu, menjaga kadar asam urat menjadi hal yang wajib untuk dilakukan sejak dini.

Pada dasarnya, asam urat adalah senyawa yang dihasilkan secara alami di dalam tubuh. Meski begitu, makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh umumnya akan dikeluakan secara otomatis melalui air seni ataupun feses, sehingga akan kadar asam urat dalam tubuh pun tetap stabil. Sementara itu, jika kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi, maka bisa dikatakan jika ada kerusakan pada organ ginjal yang membuat asam urat tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh secara sempurna.

Jika kondisi ini terus-menerus terjadi, maka kemungkinan terjadinya komplikasi sangat besar. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda selalu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan cara ini pula, Anda akan mengetahui kadar asam urat yang dibandingkan dengan hasil pemeriksaan Anda saat itu.

Mengenal Kadar Asam Urat Normal

Pada dasarnya, kadar asam urat yang normal untuk setiap orang bisa berbeda-beda. Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut di antaranya adalah jenis kelamin, usia, kesehatan fisik, serta pola makan sehari-hari. Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah, maka dokter akan melakukan pengambilan sampel darah yang akan diuji di laboratorium. Dari sinilah kemudian diketahui kadar asam urat seseorang.

Sebagai gambaran terkait kadar asam urat normal, pada wanita dewasa, kadar asam urat yang normal berkisar antara 2.4 hingga 6.0 miligram per desiliter. Sementara itu, pada pria dewasa, kadar asam urat yang normal memiliki rentang antara 3.1 hingga 7.0 miligram per desiliter dan untuk anak-anak, kadar asam urat normal berkisar antara 2.0 sampai 5.5 miligram per desiliter. Semua angka tersebut di atas nantinya bisa Anda jadikan sebagai patokan dalam menentukan batas normal asam urat dalam darah.

Tidak hanya melalui tes darah, Anda juga dapat mengambil sampel air seni orang yang bersangkutan untuk diperiksa. Namun, perlu Anda pahami bahwa kadar asam urat dari pengetesan air seni akan menghasilkan kadar yang berbeda.

Melalui air seni, bisa diketahui untuk kadar asam urat yang normal adalah 250 sampai 750 miligram ataupun 1.48 hingga 4.43 milimoles per total dari sampel urin dalam waktu 24 jam. Jika kadar tersebut didapatkan pada hasil tes urin Anda, maka bisa disimpulkan jika kadar asam urat Anda normal.

Solusi untuk Menjaga Kadar Asam Urat Normal

Kadar asam urat yang terlalu tinggi ataupun rendah akan mengakibatkan berbagai komplikasi berupa gangguan kesehatan. Untuk Anda dengan kadar asam urat tinggi, maka Anda berisiko tinggi mengalami gagal ginjal akibat penumpukan asam urat yang mengkristal.

Sementara itu, kadar asam urat yang terlalu rendah dapat berakibat pada penyakit hati, infeksi HIV hingga sindrom fanconi. Untuk menghindari masalah tersebut, berikut beberapa cara untuk mengendalikan kadar asam urat.

Perbanyak Minum Air Putih

Penderita asam urat sangat disarankan untuk perbanyak minum air putih dalam sehari. Sebab air putih dapat membantu mendorong keluarnya zat-zat yang dapat merugikan kesehatan tubuh, seperti halnya kadar asam urat yang berlebih.

Konsumsi makanan dengan kadar purin rendah

Salah satu cara yang harus dilakukan guna menjaga kadar asam urat yang normal adalah membatasi sumber makanan dengan kandungan purin tinggi seperti daging merah, jeroan, hingga seafood. Selain itu, Anda juga harus membatasi konsumsi makanan yang memiliki kadar fruktosa tinggi serta meninggalkan minuman beralkohol.

Selalu melakukan olah fisik

Menjaga kadar asam urat juga dapat dilakukan dengan melakukan olahraga rutin sehingga peredaran darah lancar dan persendian berfungsi dengan baik. Akan sangat tepat jika Anda menyisakan waktu 30 menit untuk latihan fisik setiap hari.

Sebagai cara untuk mempertahankan kadar asam urat , pastikan juga Anda mengkonsumsi produk herbal Rheumapas yang teruat dari 100% dari bahan alami terbaik dan berkualitas seperti halnya andrographis paniculata dan juga curcuma xanthorrhiza yang sangat efektif dalam menurunkan resiko kadar asam urat tinggi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan Anda mengkonsumsi setidaknya 2 tablet 3 kali setiap hari hingga dirasakan gejala asam urat tersebut membaik.

Mengenai keamanan dari produk Rheumapas Anda tidak perlu khawatir, sebab produk ini sangat aman untuk dikonsumsi karena telah teregistrasi dari BPOM sekaligus juga mendapatkan sertifikat halal dari MUI sebagai produk herbal yang direkomendasikan untuk mengatasi gangguan asam urat. Dengan mengkonsumsi produk ini, kini kadar asam urat Anda akan senantiasa normal.

Tinggalkan Komentar