Rheumapas

Kenali Sejak Dini 8 Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat termasuk jenis penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat baik usia muda maupun usia tua. Umumnya gejala asam urat ditandai dengan adanya nyeri persendian, kemerahan hingga bengkak di area persendian. Tentu gejala-gejala tersebut akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Supaya Anda terhindar dari asam urat yang menyiksa sebaiknya ketahui penyebab asam urat tinggi mulai dari sekarang.

Mengenal Penyebab Asam Urat Tinggi

Menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun dibutuhkan niat yang kuat serta kebiasaan yang rutin agar kebiasaan baik tersebut senantiasa tertanam. Ketika Anda mencoba meninggalkan kebiasaan sehat maka berbagai jenis penyakit akan mengancam Anda termasuk salah satunya asam urat. Terlebih selama ini kebanyakan penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah makanan.

Supaya Anda terhindar dari penyakit asam urat, berikut beberapa penyebab asam urat yang perlu Anda waspadai.

1. Obat-Obatan

Penyebab asam urat tinggi yang pertama yaitu dari obat-obatan. Ketika Anda mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu maka bisa memicu penyakit asam urat. Contohnya obat diuretik yang memiliki fungsi membantu membuang kelebihan air dan garam dalam tubuh. Selain itu, aspirin juga bisa memicu terjadinya asam urat sehingga Anda perlu memperhatikan aturan pakai obat-obatan tersebut.

2. Obesitas

Obesitas juga menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi karena kondisi tersebut membuat tubuh lebih banyak memproduksi asam urat dibandingkan biasanya. Dengan demikian kadar asam urat di dalam tubuh akan meningkat sehingga mempersulit ginjal untuk melakukan pembuangan asam urat.

3. Riwayat Keluarga

Penyakit asam urat ternyata bisa diturunkan atau bersifat genetik sehingga jika dalam keluarga terdapat salah satu orang yang mengidap asam urat maka risiko Anda mengidap asam urat juga semakin besar. Dengan demikian sebaiknya Anda melakukan pencegahan sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat serta menghindari makanan-makanan yang memicu asam urat tinggi.

4. Minuman Berlakohol

Anda bisa terkena asam urat jika mengkonsumsi minuman beralkohol karena minuman tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi. Selain itu, alkohol yang Anda konsumsi juga memicu terjadinya pengeluaran cairan dari dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Minuman beralkohol juga memicu enzim tertentu di dalam organ hati sehingga berpotensi memecah protein serta menghasilkan zat asam urat lebih banyak.

5. Makanan Tinggi Purin

Makanan juga menjadi penyebab asam urat tinggi yang sebaiknya perlu dibatasi dan dihindari. Bahkan asam urat juga menjadi penyebab utama masalah asam urat dibanding jenis penyebab lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kandungan purin yang tinggi di dalam beberapa jenis makanan. Bahkan saat makanan yang tinggi purin tersebut dikonsumsi dalam jumlah banyak maka akan menghasilkan zat asam urat yang berlebih. Hal ini tentu membuat kadar asam urat dalam tubuh meningkat tajam. Adapun jenis makanan tinggi purin penyebab asam urat yaitu daging merah, tahu, tempe, jeroan, dan seafood.

6. Buah-Buahan

Selama ini buah dianggap sebagai jenis makanan yang menyehatkan dan kaya akan vitamin maupun mineral. Namun ternyata tidak semua buah baik dikonsumsi dalam jumlah banyak karena beberapa jenis buah bisa menyebabkan asam urat tinggi. Buah tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga perlu dibatasi konsumsinya. Jenis buah-buahan yang dimaksud tersebut salah satunya adalah nangka.

7. Sayuran

Tidak hanya buah-buahan saja, beberapa jenis sayuran ternyata ada yang memiliki kandungan purin tinggi sehingga bisa menjadi pemicu asam urat tinggi. Bagi penderita asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari jenis sayuran tersebut agar asam urat tidak mudah kambuh. Adapun jenis sayuran yang bisa menyebabkan asam urat yaitu bayam, kembang kol, asparagus, kacang-kacangan dan jamur.

Minuman Manis

Penyebab asam urat tinggi berikutnya yaitu minuman manis seperti teh manis, soda, minuman rasa buah dan sebagainya. Minuman-minuman yang menyegarkan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan asam urat. Sebab fruktosan yang terkandung dalam minuman manis bisa memicu produksi asam urat secara berlebihan.

Supaya Anda terhindar dari asam urat sebaiknya perlu membatasi serta menghindari beberapa penyebab asam urat tinggi. Selain itu, untuk menyembuhkan asam urat secara efektif terutama keluhan nyeri atau radang sendi sebaiknya Anda mengkonsumsi obat herbal Rheumapas. Obat herbal Rheumapas tersedia dalam bentuk kapsul yang dibuat dari ekstrak dua bahan alami berkhasiat sambiloto dan temulawak. Kedua jenis tanaman tersebut telah dipercaya sejak dahulu sebagai obat tradisional untuk mengatasi asam urat dan rematik.

Apa itu Rheumapas? Apa Manfaatnya?

Rheumapas adalah produk yang sudah teruji kualitasnya dan aman dikonsumsi karena sudah memiliki izin POM. Kandungan bahan-bahan alami menjadikan produk ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mengatasi keluhan nyeri sendi, radang atau bengkak sendi maka jangan ragu mengkonsumsi Rheumapas.

Untuk melindungi diri Anda dari bahaya asam urat sebaiknya pahami apa saja penyebab asam urat tinggi sedini mungkin. Sehingga Anda bisa membatasi dan menghindari penyebab-penyebab tersebut mulai dari sekarang. Jika Anda masih sering mengeluhkan asam urat yang kambuh segeralah konsumsi Rheumapas yang dijamin ampuh dan aman atasi asam urat.

Tinggalkan Komentar