Rheumapas

Kenali Gejala Rematik pada Telapak Kaki sebelum Kondisi Semakin Parah

Gejala rematik pada telapak kaki merupakan kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh manusia menyerang jaringan lapisan sendi mereka. Hal ini dapat menyebabkan peradangan serta rasa nyeri yang cukup tinggi. Rematik pada kaki juga dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah termasuk kulit dan organ dalam seperti jantung.

Kenali Gejala Rematik Pada Telapak Kaki

Gejala rematik yang muncul pada kaki sangat bervariasi. Beberapa gejala yang sering muncul adalah:

  1. Rasa nyeri atau kaku pada sendi jari kaki atau pada sendi dan ligamen di permukaan kaki
  2. Rasa nyeri pada kaki dalam jangka waktu lama, terutama setelah berdiri berjalan atau berlari dalam waktu yang cukup lama.
  3. Rasa hangat atau panas pada kaki yang lebih tinggi suhunya daripada tubuh
  4. Bengkak pada pergelangan kaki atau sendi-sendi jari

Jika hal ini dibiarkan, maka gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan kaki menjadi semakin nyeri serta sulit digerakkan.

Salah satu gejala jangka panjang adakah terjadinya kerusakan sendi.  Hal ini dapat terjadi apabila tulang serta tulang rawan, dan juga semua jaringan sendi lain rusak.  Tentu sendi kaki akan melemah serta sangat nyeri saat kaki. Tentunya ada perubahan bentuk kaki Anda seiring dengan berjalannya waktu.

Tahap parah dari gejala rematik pada telapak kaki disebut dengan flare-up. Pada tahapan ini, penderita mengalami momen dimana mereka akan memiliki gejala yang tidak terlihat. Gejala ini disebut remission.Apabila penderita berada di usia yang tergolong lansia yaitu 50 tahun ke atas, bisa jadi kondisi flare-up menjadi lebih parah dengan periode remission lebih pendek.

Namun demikian, kondisi ini dapat berbeda pada masing-masing orang. Meski berada pada usia yang sama, namun keberadaan mereka secara keseluruhan akan tergantung pada pengobatan yang sudah dijalankan atau aktivitas yang sudah dilakukan. Terlebih, kondisi kesehatan masing-masing individu juga sangat berperan.

Bagian Kaki yang Rawan

Beberapa bagian kaki yang paling sering mengalami gejala rematik adalah:

  1. Sendi pergelangan kaki yang menghubungkan dua tulang kaki yaitu tibia dan fibula hingga tulang talar.
  2. Sendi subtalar yang terletak di antara tulang tumit (kalkaneus) dan tulang talar yang menghubungkan kaki dengan tulang kaki.
  3. Sendi Interphalangeal, yang merupakan sendi kecil di antara tulang-tulang yang membentuk jari-jari kaki.
  4. Sendi metatarsophalangeal, yaitu sendi yang menghubungkan tulang jari kaki (falang) ke tulang yang lebih panjang pada kaki(metatarsal).

Ketika gejala rematik pada telapak kaki kambuh, sebaiknya penderita mengurangi atau menghentikan sementara aktivitas fisik, termasuk olahraga ringan sekalipun hingga gejala menghilang.  Terlalu banyak aktivitas dapat memperburuk rasa sakit atau rasa kaku.

Perawatan Harian untuk Kaki

Rematik memang tidak dapat benar-benar langsung hilang.  Namun, ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala ini. Selain itu, perawatan dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mencegah kerusakan sendi.

Beberapa perawatan paling umum untuk rematik pada kaki adalah sebagai berikut:

  1. Merendam kaki dalam air hangat secara rutin, sehari dapat dilakukan dua atau tiga kali. Jika memungkinkan, mandi berendam di air hangat juga sangat disarankan.
  2. Mengompres kaki dengan kompres hangat yang agak panas jika memang rasa sakit cukup tinggi
  3. Metode RICE atau Rest, Ice, Compression, Elevation. Beristirahat, kompres dengan es dan air hangat lalu kaki diletakkan dengan posisi lebih tinggi saat tidur. Metode ini dapat mengurangi bengkak.
  4. Menggunakan sol sepatu khusus atau selipan khusus rematik pada sepatu supaya ada pengurangan tekanan pada kaki saat berjalan. Gunakan pula sepatu dengan ujung terbuka supaya jari kaki terasa nyaman.
  5. Selalu menggunakan kaos kaki supaya kaki tidak dingin.
  6. Mengkonsumsi pereda nyeri atau obat rematik yang sesuai dosis.

Gejala rematik pada telapak kaki yang akut biasanya harus melalui proses pembedahan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan residu atau jaringan yang meradang pada sendi serta mengangkat tulang rawan yang rusak.  Proses bedah ini adalah untuk menyatukan dua tulang dan mengganti sendi secara keseluruhan. Tentu proses bedah dapat dihindari apabila penderita melakukan deteksi dini.

Pengobatan Alami Remtaik

Kepekaan dalam mendeteksi beberapa gejala rematik terutama pada kaki memang harus dimiliki oleh penderita, terutama para lansia yang sebelumnya sudah sering mengalami nyeri kaki. Pengobatan dengan mengkonsumsi Rheumapas akan sangat mengurangi gejala rematik secara signifikan.  Apa saja sebenarnya keunggulan dari Rheumapas?

Rheumapas adalah obat herbal alami dengan bahan sambiloto dan temulawak. Dua bahan ini menjadi bahan baku utama sehingga Rheumapas sangat aman dikonsumsi. Obat yang diproduksi oleh PT Tiga Puspa ini telah terbukti menghilangkan rasa nyeri sendi sekaligus gejala-gejala rematik yang muncul. Dengan demikian, penderita dapat melakukan terapi sejak dini dan mencegah kerusakan sendi yang dapat mengakibatkan penderita menjalani operasi bedah.

Tinggalkan Komentar