Rheumapas

kegunaan minyak zaitun

10 Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

10 Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun seringnya digunakan untuk alternatif minyak memasak yang lebih sehat. Namun demikian, kepopuleran minyak yang satu ini sebagai perawatan kecantikan rumahan yang murah meriah dan juga tidak boleh dianggap enteng. Salah satu manfaat zaitun untuk wajah dan kulit tubuh adalah untuk pelembab alami. Ternyata usut punya usut, ternyata khasiat dari minyak zaitun bukan hanya itu saja.

Beragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang tidak diragukan lagi. Namun, nyatanya minyak ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda mulai dari sekarang mengganti asupan lemak jenuh dengan pasokan lemak sehat seperti pada minyak zaitun,

Berikut merupakan 10 kegunaan minyak zaitun untuk kesehatan:

  1. Memelihara kesehatan jantung

Minyak buah zaitun menjadi bagian pokok yang tidak bisa dilepaskan dari diet Mediteranian yang terbukti sehat untuk jantung. Pasien penyakit jantung yang menjalani diet Mediterania juga dikaitkan bersama dengan risiko kematian yang rendah akibat penyakitnya.

  1. Menekan risiko Alzheimer

Di negara-negara wilayah Mediterania yang tingkat konsumsi minyak zaitunnya tinggi, seperti Yunani, total kasus penyakit Alzheimer ditemukan lebih rendah daripada di tempat lain yang ada di dunia.

Pasalnya, minyak buah zaitun memiliki senyawa fenolik unik oleocanthal dan MCT, “keluarga” asam lemak esensial, yang dilaporkan berpotensi dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer atau demensia yang terkait kondisi neurodegeneratif.

  1. Memerangi pankreatitis akut

Para peneliti di University of Granada di Spanyol telah melakukan percobaan in vitro pada minyak buah zaitun. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa komponen tertentu didalam minyak buah zaitun bisa melindungi tubuh dari infeksi akut.

Ini karena minyak buah zaitun kaya dengan asam oleat dan hidroksitirosol, yang dapat memengaruhi perkembangan pankreatitis akut.

  1. Menjaga kesehatan hati

Sejumlah penelitian terkait dengan manfaat minyak zaitun juga menemukan bahwa minyak ini bisa melindungi kesehatan hati dari stres oksidatif, faktor risiko utama dari penyakit jantung, kanker, dan juga gangguan sistem kekebalan tubuh.

  1. Melindungi dari peradangan usus kronis

Ulcerative colitis amerupakan jenis peradangan usus kronis yang terbilang cukup umum. Para ilmuwan di University of East Anglia di Inggris telah mengatakan bahwa meningkatkan konsumsi minyak buah zaitun dapat membantu menangkis penyakit ini.

  1. Memperbaiki rambut bercabang

Antioksidan tinggi yang terkandung pada minyak zaitun vitamin A dan E bisa membantu memperbaiki rambut kering bercabang akibat dari paparan sinar matahari dan polusi.

  1. Mengurangi ketombe

Anda bisa merasakan khasiat dari minyak zaitun untuk mengurangi rambut yang berketombe dengan mencampur sari lemon. Asam alami dalam jus lemon berperan bisa mengikis lapisan, sedangkan manfaat minyak zaitun rambut ialah melembabkan lapisan kulit kepala baru pada bawahnya.

  1. Menurunkan risiko depresi

Orang yang banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak trans, contohnya seperti makanan cepat saji dan makanan ringan kemasan. Dipercaya memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi, dibandingkan dengan orang-orang yang menu makannya lebih sehat.

Penelitian melaporkan bahwa semakin banyak lemak trans yang dikonsumsi dengan seiring waktu, semakin meningkat risiko Anda mengalami depresi.

  1. Menurunkan risiko kanker payudara

Satu tim periset berasal dari Universitat Autonoma de Barcelona Spanyol telah menemukan bahwa manfaat minyak zaitun membawa potensi. Untuk melindungi tubuh dari serangan kanker payudara. Khasiat ini, menurut para peneliti, tidak ditemukan pada jenis minyak nabati yang lainnya..

  1. Mengobati rematik

Rematik (rheumatoid arthritis) merupakan penyakit autoimun yang memunculkan gejala nyeri sendi berulang. Manfaat minyak zaitun nyatanya juga bisa membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi akibat dari rematik.

Khasiat minyak zaitun ini akan berlipat ganda jika dikombinasikan bersama konsumsi minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 yang bisa menangkal peradangan dalam tubuh.

Baca juga

Tinggalkan Komentar