Kebiasaan yang Dapat Merusak Sendi Dan Tulang

Rheumapas.com – Kebiasaan kita sehari-hari, walaupun sepele, ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan sendi dan tulang kalian. Berikut merupakan beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak sendi dan juga tulang:

Sepatu denngan hak tinggi

Wajar, sih, kalau kita ingin tampil gaya menggunakan sepatu hak tinggi. Bahkan rela, nahan sakit hingga berjam-jam. Tapi sebenarnya ada efek buruknya juga. Apalagi jika Anda pakai dalam waktu lama. Struktur jaringan lunak pada sekitar sendi seperti otot, tendon, ligamen dan saraf bisa terganggu. Ini terjadi karena peregangan jaringan lunak pada sekitar sendi mata kaki.

Memakai Tas berat

Mungkin kita termasuk orang yang suka membawa berbagai barang dalam sebuah tas yang besar. Jangan diteruskan, karena kebiasaan ini dapat memperburuk kondisi tulang dan sendi Anda.

Sering begadang

Walau tidak secara langsung berpengaruh pada tulang, kebiasaan yang biasa menyertainya bisa jadi merupakan penyebab. Misalnya, begadang sambil merokok dan minum kopi.

Membunyikan buku jari

Pasti ada beberapa di antara kita yang terbiasa membunyikan buku jari, apalagi ketika terasa pegal. Ternyata kebiasaan kita itu mempunyai efek buruk. Gerakan berlebihan di sendi jari pada saat menekuk dan meluruskan jari hingga menyebabkan bunyi timbul dari gesekan jaringan lunak pada sekitar sendi. Gerakan berulang ini dapat menyebabkan gangguan pada struktur jaringan lunak tersebut.

Malas Bergerak dan Berolahraga

Banyak orang cenderung diam jika berada di posisi nyamannya. Jika sudah duduk enak, orang biasanya akan malas untuk bergerak menuju tempat lain. Tak hanya itu, waktu libur lebih nyaman digunakan untuk tidur dan beristirahat selama seharian, dimana waktu libur cocok untuk sehatkan tubuh untuk melakukan olahraga kecil, seperti lari pagi atau stretching. Padahal, perilaku malas bergerak serta malas berolahraga dapat mengancam kesehatan tulang belakang.

Terlalu Lama Duduk

Duduk memang juga terkadang menyenangkan, apalagi duduk sambil bermain game berlama-lama, tapi apakah kamu tahu jika duduk memberikan beban 40% lebih besar pada tulang belakang dari pada Anda berdiri? Hal lain yang membuat terlalu lama duduk menjadi kebiasan buruk dapat merusak tulang punggung adalah posisi duduk yang salah. Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan lordosis, kifosis, skoliosis, ataupun sakit punggung.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, cobalah untuk sesuaikan posisi duduk nyaman kamu, sebisa mungkin dengan sudut duduk 135 derajat. Selain itu, hindari untuk duduk lebih dari 2 jam. Berjalan-jalanlah sebentar agar memberikan peregangan bagi tulang Anda.

Baca juga