Rheumapas

Hubungan Antara Kacang Mete Asam urat

Hubungan Antara Kacang Mete Asam urat

Kacang mete asam urat – Kacang mete merupakan salah satu jenis dari kacang-kacangan yang digemari masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, kacang mete juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi katanya, penderita asam urat tidak disarankan untuk berlebihan dalam mengonsumsi kacang ini..

Asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin (senyawa yang diurai oleh tubuh menjadi asam urat) didalam tubuh. Umumnya, asam urat akan dibuang tubuh dengan bantuan ginjal.

“Pada beberapa orang, akan ditemukan kadar asam urat yang cukup tinggi. Kondisi ini disebabkan karena produksi asam urat yang terlalu banyak, misalnya karena konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi.

Bolehkah penderita asam urat mengonsumsi kacang mete?

Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya dengan protein, lemak tak jenuh tunggal, dan nutrisi lainnya seperti tembaga, besi, magnesium, dan juga seng.

Makanan yang tinggi purin memiliki kandungan 150-825 mg purin per 100 gram. Anda yang punya asam urat disarankan agar menghindari makanan-makanan yang tinggi dengan purin (seperti jeroan, daging merah, serta kerang). Makanan dengan kandungan purin sedang memiliki kandungan  50-150 mg purin per 100 mg, bisa dikonsumsi hanya saja dalam jumlah terbatas. Kacang mete tergolong rendah purin, karena hanya mengandung kurang dari 50 mg purin dalam per 100 gram.

Kacang mete tetap boleh dikonsumsi, akan tetapi perhatikan porsinya

Meski kacang mete boleh untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, tapi porsinya tetap harus diperhatikan agar mencegah asupan kalori berlebih. Tiga ons kacang mete mengandung 489 kalori, atau hampir 25 persen dari kebutuhan kalori harian pada orang dewasa dengan patokan 2.000 kalori.

Untuk mengoptimalkan manfaat dari kacang ini tanpa kalori berlebih, batasi konsumsi kacang mete pada satu ons per hari, atau setara 15 butir kacang mete utuh.

Kacang mete memang memiliki purin. Meski demikian kandungan purin dalam kacang jenis ini tergolong rendah, sehingga boleh untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Akan tetapi, batasan porsinya tetap perlu diperhatikan. Ikuti saran-saran seperti di atas supaya kacang mete tidak malah berubah menjadi musuh Anda.

Baca jgua

 

Tinggalkan Komentar