Rheumapas – Sakit pinggang  adalah nyeri yang dirasakan berada disekitar tulang lumbar, antara cakram, jaringan, otot dan juga saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan juga perut. Kondisi seperti ini dialami kurang lebih 80 persen penderita dewasa berusia 30-50 tahun intensitas nyeri ringan hingga berat.

Sebagian besar para penderita mengalami sakit pinggang dikarenakan mekanis seperti gaya hidup yang menuntut mereka untuk duduk dalam waktu yang lama tanpa diseimbangi olahraga cukup, mengangkat barang berat, ataupun mengalami kecelakaan yang telah mencederai pinggang dan sekitarnya.

Baca Juga : Obat Asam Urat Herbal Yang Manjur

Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab sakit pinggang dapat dibagi menjadi dua, yaitu mekanis dan juga medis. Penyebab mekanis dapat dipicu oleh pengikisan struktur dan daya tahan pinggang yang meliputi sendi, cakram, otot, saraf dan tulang dengan usia merupakan sebagai faktor utama. Berikut adalah merupakan beberapa kondisi yang termasuk dalam penyebab mekanis :

  • Keseleo 

Cedera yang dapat mengakibatkan tekanan pada tendon atau otot seperti pada saat terpeleset, salah posisi duduk, mengangkat beban berat, atau meregangkan otot berlebih.

  • Pengikisan cakram tulang belakang

Penurunan kekuatan cakram tulang belakang dalam kegiatan menahan beban, menunduk, dan aktivitas lainnya.

  • Perubahan struktur tulang

Kondisi ini pada umumnya terjadi saat usia mulai senja dan mengakibatkan postur tubuh yang buruk.

  • Cedera cakram tulang belakang

Perobekan atau penyelipan cakram pada penderita jatuh atau terpelintir. Pada situasi tertentu, cakram dapat             menekan saraf tulang belakang, yang menimbulkan rasa sakit seperti tertusuk, terbakar pada bagian pinggang             hingga pada kaki (sciatica).

  • Radikulopati

Inflamasi atau penekanan saraf tulang belakang yang terjadi pada saat cakram  yang terselip menekan saraf                 tulang belakang secara berlebih.

  • Stenosis spinal

Tekanan pada saraf sumsum tulang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran saraf tulang belakang,                 yang mengakibatkan penderita merasa sakit  seperti kram, lemas, atau mati rasa, pada saat berdiri atau                       berjalan.

  • Spondylolisthesis

Salah satu ataupun beberapa ruas tulang belakang yang bergeser dan menekan  saraf tulang belakang.

Pengobatan Sakit Pinggang

Sebagian besar  sakit pinggang dapat pulih dengan sendirinya tanpa penanganan dokter, khususnya dalam jangka waktu kurang lebih 72 jam. Beberapa cara seperti mengompresnya dengan air hangat dan juga dingin secara bergantian, mengistirahatkan pinggang dengan alas bantal secara lurus atau menyamping, mandi air hangat, hingga mengonsumsi obat seperti ibuprofen, rheumapas atau paracetamol dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan.

Jika Anda ingin melakukan olahraga, terapi pijat, akupuntur, ataupun cara tradisional lainnya, disarankan untuk segera berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Jika rasa sakit tidak juga kunjung reda setelah 72 jam, sangat disarankan untuk menemui dokter agar dapat diberikan pengobatan yang lebih lanjut.

Baca juga : Menderita Asam urat ? Hindari makanan ini

Baca juga : Gejala redang sendi