Rheumapas – Pernahkah Anda merasakan seluruh badan pegal pada saat bangun tidur atau setelah melakuka kegiatan? Tenang saja, itu hal  wajar karena nyeri otot atau pegal linu adalah masalah kesehatan yang biasa terjadi dan rata-rata pasti pernah dialami oleh semua orang.

Pada umumnya, orang-orang akan melakukan pengobatan alternative contohnya seperti pijat atau urut daripada langsung memeriksakannya  ke dokter, atau dengan pengobatan rumahan lainnya seperti mengoleskan minyak ataupun salep dengan tujuan mengurangi rasa nyeri. berikut merupakan cara-cara alami untuk mengatasi masalah ini Es Batu tidak hanya berfungsi sebagai penyegar minuman ataupun pengawet makanan agar tetap segar, tapi juga dapat berfungsi sebagai obat ketika pegal-pegal atau keseleo. Bawang Putih biasanya digunakan sebagai bahan utama penyedap masakan. Khasiat yang dikandungnya tidak perlu diragukan lagi, bawang putih cukup efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Obat Asam Urat Herbal Yang Manjur

  • Kulit Manggis

kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin yang terkandung di dalam kulit manggis dapat digunakan untuk mengobati pegal linu. Caranya sangat mudah, yaitu: Potong kulit manggis dengan ukuran kecil-kecil. Jemur kulit manggis ini sampai semua bagian kering secara sempurna. Saat sudah kering, hancurkan sampai bubuk, lalu seduh kulit manggis tersebut dengan dicampur air hangat.

  • Minyak Cengkeh

merupakan salah satu obat herbal yang biasa digunakan untuk mengatasi pegal linu adalah minyak cengkeh. Dengan cara oleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang nyeri untuk mengatasi rasa sakit.

Cara mengatasi pegal linu selanjutnya adalah dengan menggunakan pisang. Jadikan pisang makanan wajib dalam menu sehari-hari, karena jika Anda rutin memakan pisang, Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan, salah diantaranya adalah terbebas dari rasa pegal. Makanlah dua buah setiap hari, maka tubuh Anda akan mengantisipasi terjadinya pegal linu, terutama jika penyebabnya pegal adalah kram otot, karena pisang mengandung banyak potasium yang sangat baik untuk mengatasi ketegangan pada otot.

  • Rosemary

Daun rosemary bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada sakit otot. Daun rosemary, baik yang segar maupun yang sudah kering, mengandung empat bahan yang anti peradangan yang dapat berguna meredakan sakit pada otot dan mempercepat penyembuhan.

  • Peregangan

Perangi pegal linu dengan cara melatih otot pada tubuh Anda. Lakukanlah pemanasan atau peregangan baik setiap harinya secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan cara  berjalan kaki selama 20 menit dalam setiap harinya.

  • Air putih

akan menjaga sel-sel tubuh tetap dalam keadaan baik. Selain itu, air putih juga dapat melarutkan zat purin atau kadar asam urat dari dalam tubuh. Asam urat yang berlebiha akan dikeluarkan bersamaan dengan urin saat Anda buang air kecil. Hal ini dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda agar tidak mudah terserang pegal linu. Itulah berbagai cara mengatasi pegal linu yang sering mengganggu aktivitas Anda, baik itu di tangan, kaki, petis, pinggang, punggung, ataupun yang lainnya. Kini Anda juga tidak perlu khawatir lagi terserang pegal linu setelah fitnes ataupun setelah olahraga yang lainnya.

Baca juga : Jual obat rematik