Rheumapas

Jenis-Jenis Makanan Pantangan Asam Urat

                Bagi Anda penderita asam urat maka salah satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu pantangan asam urat. Dimana pantangan tersebut salah satunya berasal dari makanan terutama yang mengandung banyak purin.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin secara terus menerus maka akan memicu terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh. Bahkan ginjal juga akan kesulitan membuang kelebihan asam urat tersebut hingga akhirnya menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit asam urat.

Jenis-Jenis Makanan Pantangan Asam Urat

Asam urat merupakan jenis penyakit yang sudah umum dialami oleh masyarakat. Meskipun tidak begitu berbahaya tetapi asam urat yang dibiarkan kambuh terus menerus maka bisa menggangu aktivitas. Supaya asam urat tidak mudah kambuh, maka Anda perlu memperhatikan pantangan asam urat terutama dari segi makanan.

Berikut akan dijelaskan jenis-jenis makanan yang termasuk dalam pantangan bagi penderita asam urat yang perlu Anda ketahui.

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi, beta karoten, falovonoid dan vitamin C. Namun bayam juga menjadi salah satu pantangan asam urat karena bayam memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bayam setidaknya terdapat 57 gram purin. Bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari mengkonsumsi bayam agar asam urat tidak kambuh.

2. Asparagus

Asparagus juga termasuk pantangan asam urat yang perlu diwaspadai oleh penderitanya. Namun jika ingin tetap mengkonsumsi sayuran ini sebaiknya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. sebab dalam 100 gram asparagus terkandung 23 gram purin. Meski mengandung purin yang cukup tinggi, asparagus juga kaya akan folat dan kalsim yang bagus untuk tubuh.

3. Kembang Kol

Selama ini mungkin belum banyak masyarakat yang tahu bahwa kembang kol termasuk jenis sayuran yang mengandung purin tinggi. Sebab per 100 gram kembang kol terkandung 51 gram purin sehingga makanan satu ini perlu dihindari oleh penderita asam urat.

4. Jamur

Jamur diperkirakan mempunyai kandungan purin antara 17-92 gram per 100 gramnya. Hal inilah yang menjadikan jamur sebagai salah satu makanan yang perlu dihindari dan dibatasi bagi penderita asam urat.

5. Minuman Beralkohol

Minuman yang beralkohol termasuk dalam pantangan asam urat yang perlu diwaspadai. Dengan mengkonsumsi minuman beralkohol maka dapat menyebabkan peningkatan zat asam urat dalam tubuh. Selain itu, sesudah mengkonsumsi minuman beralkohol biasanya Anda bisa merasakan dehidrasi dan nyeri.

6. Seafood

Seafood merupakan jenis makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Namun dibalik kelezatannya tersebut ternyata seafood termasuk salah satu pantangan asam urat. Sebab ternyata seafood mengandung purin yang cukup tinggi yang perlu diwaspadai oleh penderita asam urat. Adapun jenis seafood yang termasuk pantangan bagi penderita asma urat yaitu cumi-cumi, remis, kepiting, udang, tiram dan ikan sarden.

7. Jeroan

Jeroan merupakan salah satu jenis pantangan asam urat yang selama ini sudah diketahui oelh masyarakat. Dalam jeroan terkandung purin dalam jumlah yang tinggi. Jenis jeroan yang perlu diwaspadai oleh penderita asam urat yaitu ginjal, jantung, hati, usus, limpa, otak dan sebagainya.

8. Daging Merah

Daging merah termasuk dalam kategori makanan berprotein tinggi yang bagus untuk tubuh. Akan tetapi daging merah juga mengandung purin yang tinggi sehingga perlu dibatasi atau bahkan dihindari oleh penderita asam urat.

9. Kedelai Olahan

Makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai dan difermentasi seperti tempe, tahu, kecap dan sebagainya memang dikenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Namun bagi penderita asam urat sebaiknya perlu membatasi mengkonsumsi jenis makanan kedelai olahan karena mengandung purin tinggi.

10. Gula

Penderita asam urat sebaiknya perlu membatasi konsumsi gula karena mengkonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan bisa memperburuk masalah asam urat. Agar asam urat tidak semakin parah sebaiknya hindari minuman yang memiliki kandungan fruktosa lalu ganti dengan buah segar.

11. Nangka

Nangka termasuk jenis buah yang mengandung purin tinggi sehingga perlu dibatasi konsumsinya terutama bagi penderita asam urat. Bahkan lebih parahnya lagi, purin yang berlebihan dalam tubuh akan mengganggu fungsi ginjal karena purin sulit dicerna serta dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini bisa memicu penumpukan asam urat dan menyebabkan batu ginjal.

                Selain memperhatikan pantangan asam urat seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga perlu melakukan pengobatan asam urat agar tidak semakin parah. Namun pastikan Anda memilih pengobatan yang alami agar tidak menimbulkan efek samping. Salah satu produk obat asam urat yang sangat direkomendasikan yaitu Rheumapas. Dimana produk ini dibuat dari ekstrak tumbuhan sambiloto dan temulawak yang dikenal akan khasiatnya untuk atasi asam urat.

                Rheumapas juga termasuk jenis obat herbal yang aman karena sudah memiliki izin POM. Selain ampuh atasi asam urat, Rheumapas juga berkhasiat meredakan nyeri sendi, mengurangi peradangan atau bengkak sendi, memperlancar proses pengluaran asam urat dan meningkatkan sistem imun. Produk ini dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis dikonsumsi.

                Bagi Anda penderita asam urat sebaiknya perlu memperhatikan pantangan asam urat agar tidak mudah kambuh dan berangsur sembuh. Selain itu, untuk mempercepat proses pengobatan asam urat maka Anda disarankan mengkonsumsi Rheumapas yang dijamin alami, ampuh dan aman atasi asam urat.

Tinggalkan Komentar