Rheumapas

jahe merah untuk rematik

Manfaat Jahe Merah Untuk Rematik & Nyeri Sendi

Jahe ternyata tidak hanya dapat bermanfaat sebagai minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin namun khasiat jahe merah untuk rematik ternyata sangat ampuh juga.

Jenis tanaman herbal yang satu ini dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah tubuh, salah satunya adalah bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri. Seperti apa manfaat jahe untuk rematik dan dapat mengurangi nyeri otot dan sendi ? Berikut ini asalah hasil penelitiannya.

Penyakit Rematik 

Rematik adalah penyakit yang bisa menimbulkan rasa sakit akibat otot atau sendi mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan dapat menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Rheumatoid arthritis merupakan kondisi ketika kekebalan tubuh secara keliru malah menyerang jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi-sendi yang terserang mengalami peradangan sehingga menimbulkan gejala seperti berikut:

  • Sendi bengkak karena cairan yang menumpuk
  • Terasa kaku, terutama ketika pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan
  • Merah dan terasa panas
  • Terasa sakit akibat karena peradangan yang aktif

Rheumatoid arthritis yang terus berkembang da mpatenyebabkan kerusakan dan perubahan bentuk permanen pada sendi. Akibatnya karena pergerakan sendi mulai terbatas sehingga fungsi sendi bisa hilang sepenuhnya.

Jahe Merah Untuk Rematik

Penelitian terbaru pada Journal of Pain menemukan bahwa jahe bisa menjadi antiinflamasi alami yang efektif dalam membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Para peneliti secara khusus telah ‘mengeksplorasi’ efek jahe untuk nyeri otot.

Jahe telah digunakan oleh medis selama ribuan tahun dalam pengobatan di India sebagai makanan yang bisa digunakan sebagai obat anti-inflamasi alami. Dr. Krishna C. Srivastava, melakukan penelitian mengenai efek terapi dari rempah-rempah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga  nyeri. Hasil penelitian ini  didukung dengan hasil penelitian di Universitas Odense, Denmark, yang juga telah melakukan penelitian mengenai efek anti-nyeri pada jahe.

Dalam sebuah penelitian itu, Dr. Srivastava memberikan jahe kepada pasien rematik dalam potongan kecil setiap hari selama kurun waktu  tiga bulan. Pasien yang secara teratur diberikan jahe telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku dengan memakan jahe setiap hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Srivastava juga menemukan bahwa jahe malah lebih unggul dari pada obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti tylenol atau advil karena NSAID yang hanya bekerja pada satu tingkat yaitu bisa menghalangi pembentukan senyawa peradangan.

Sedangkan jahe dapat menghalangi pembentukan senyawa peradangan seperti contohnya prostaglandin dan leukotrien yang mempunyai efek antioksidan sehingga bisa memecah peradangan dan keasaman di persendian.

Anda dapat menggunakan jahe dengan sangat teratur bertujuan untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan juga pembengkakan. Jumlah jahe yang digunakan dalam penelitian ini ialah lima gram jahe segar atau satu sendok teh jahe kering, dalam dosis terbagi di sepanjang hari.

Resep Wedang Jahe Merah Untuk Rematik

Cara membuat air jahe pun cukup mudah. Caranya adalah, siapkan satu rimpang jahe merah atau jahe biasa, cuci bersih lalu parut. Siapkan pula 2 gelas besar air lalu didihkan. Masukkan parutan jahe ke dalam air dan tunggu jahe hinnga matang serta air mendidih dengan sempurna. Angkat air lalu saring dan tunggu air jahe menjadi hangatdan lalu siap untuk diminum.

Jika Anda tidak suka minum air jahe tawar, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya untuk mendapatkan rasa yang lebih manis dan segar.  Dengan konsumsi air jahe ini, nyeri atau sakit yang dirasakan perlahan dapat sembuh dengan baik. Tidak hanya itu saja, tubuh Anda akan semakin bugar. Air jahe ini juga dapat membuat Anda tetap fit dan terhindar dari risiko flu maupun batuk.

Baca juga

Tinggalkan Komentar