jagung pantanganasam urat

Benarkah Jagung Pantangan Asam Urat?

Benarkah Jagung Pantangan Asam Urat?

Rheumapas.com – Jagung sering dianggap sebagai makanan pokok untuk pengganti nasi meskipun dalam realitanya jagung lebih sering dijadikan sebagai camilan. Benarkah jagung makanan pantangan asam urat ? atau malah bermanfaat.

Tak disangka, ternyata jagung memiliki kandungan yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita asam urat. Seperti apakah manfaatnya?

Manfaat Jagung Untuk Asam Urat

Di dalam jagung terdapat kandungan vitamin, mineral, dan juga serat yang cukup tinggi. Mengonsumsinya jagung rebus misalnya dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh sekaligus membuat persendian menjadi lebih bersih dari kristal asam urat. Hal ini dapat membantu menurunkan frekuensi serangan asam urat dengan signifikan.

Jagung manis rebus yang dikonsumsi secara bersamaan dengan kedelai rebus dianggap mampu membantu serta menjaga kadar asam urat dalam darah berada dalam kondisi yang normal karena kandungannya yang mampu merangsang pembentukan zat asteoblastik, zat yang membentuk sel-sel tulang. Kandungan ini juga dapat membantu mencegah penumpukan zat asam urat dalam persendian.

Jagung juga termasuk kedalam bahan makanan yang cocok untuk dikonsumsi jika kita ingin menjaga berat badan agar tetap ideal atau menjalani program diet. Indeks glikemik jagung juga tidak setinggi nasi sehingga tidak akan membuat kadar gula darah naik cepat. Hal ini berarti, jagung termasuk ke dalam makanan yang aman bagi mereka yang sudah menderita diabetes.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi jagung manis rebus yang tidak diberi tambahan bahan yang lainnya apapun. Hanya saja, jika memang ingin mendapatkan manfaatnya yang lebih baik, kita bisa mencampurkan jagung dengan yoghurt.

Selain dapat membantu menurunkan kadar asam urat, keberadaan yoghurt ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan dan organ kardiovaskular. Ada baiknya kita tidak membakar jagung ataupun menambahkan bahan seperti saus, kecap, atau mayones ke dalam jagung karena dapat membuat manfaat kesehatannya menurun.

Penderita asam urat memang tidak boleh sembarangan untuk mengonsumsi makanan, khususnya makanan yang tinggi dengan purin seperti makanan laut, jeroan, dan emping. Mereka juga harus menghindari makanan yang kaya kolesterol karena bisa memperburuk kondisi kesehatannya. Selain itu, pastikanlah untuk rajin-rajin mengonsumsi obat asam urat demi mencegah datangnya serangan asam urat yang sangat menyakitkan dan merepotkan.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar