Rheumapas

Inilah Makanan dan Hal yang Dihindari Saat Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah tidak asing di telinga masyarakat. Asam urat sebetulnya adalah peradangan di bagian sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Bagi Anda yang saat ini memiliki masalah asam urat, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang dihindari saat asam urat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

Sebetulnya asam urat adalah zat hasil pecahan purin dalam tubuh. Dimana purin secara alami bisa dihasilkan tubuh, tetapi purin juga bisa ditemukan di berbagai jenis makanan maupun minuman. Sebaiknya para penderita asam urat perlu memperhatikan hal yang dihindari saat asam urat terutama dari segi makanan. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko asam urat kambuh di masa datang. Sebuah makanan bisa dikatakan memiliki kandungan purin tinggi bila kadar purin di dalamnya melebihi 200mg per 100 gram berat makanan tersebut.

Hal yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat juga berupa makanan yang mengandung purin sedang berkisar 100-200 mg purin per 100 gram berat makanan. Bagi penderita penyakit asam urat, sebaiknya perlu menghindari beberapa daftar makanan dengan kandungan purin sedang hingga tinggi sebagai berikut ini:

1. Jeroan

Jeroan termasuk dalam hal yang dihindari saat asam urat karena jeroan adalah makanan yang bisa memicu asam urat. Adapun jenis jeroan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat antara lain hati, ampela, jantung, limpa, usus, otak, babat dan paru. Semua jenis jeroan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi dan sebaiknya tidak dikonsumsi saat asam urat.

2. Makanan Laut

Makanan laut juga termasuk kategori hal yang dihindari saat asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi. Beberapa contoh makanan laut dengan kadar purin tinggi yaitu udang, kerang, teri, mackerel, herring dan ikan sarden. Namun untuk ikan teri kering ternyata mengandung purin sangat tinggi hingga mencapai 1.108,6 mg per 100 gram. Bagi penderita asam urat yang ingin tetap mengkonsumsi makanan laut rendah purin maka bisa mengkonsumsi ikan salmon.

3. Daging

Daging sebaiknya perlu dihindari oleh penderita asam urat karena terdapat beberapa jenis daging yang mengandung purin sedang di atas 100 mg per 100 gram. Dimana jenis daging yang perlu dihindari saat asam urat yaitu daging merah seperti daging kambing, sapi dan domba. Selain daging merah, penderita asam urat juga harus menghindari daging putih seperti daging angsa, kalkun, entok, kelinci dan burung puyuh.

4. Daging Olahan

Saat asam urat, sebaiknya Anda juga harus menghindari produk daging olahan seperti ham atau salami. Sebab daging olahan mengandung purih lebih dari 100 mg per 100 gram daging olahan. Daging olahan maupun daging segar juga tinggi kandungan lemak jenuh yang bisa memicu berbagai masalah dalam tubuh.

5. Minuman Manis

Minuman dengan pemanis seperti jus buah dan soda memang tidak memiliki kandungan purin. Akan tetapi jenis minuman tersebut mengandung tinggi fruktosa. Biasanya tubuh akan memecah fruktosa serta menghasilkan purin sehingga bisa memicu penumpukan purin dalam tubuh.

6. Minuman Beralkohol

Bagi penderita asam urat, hal yang dihindari saat asam urat adalah minuman beralkohol karena minuman tersebut mengandung purin cukup tinggi meski tidak setinggi pada jenis makanan lainnya. Selain itu, alkohol juga bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam mengeluarkan asam urat.

Pantangan Lain yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

Tidak hanya makanan, terdapat hal yang harus dihindari saat asam urat untuk mengurangi risiko asam urat kambuh. Berikut pantangan lain yang perlu dihindari oleh penderita asam urat.

1. Dehidrasi

Saat asam urat kambuh, sebaiknya jaga tubuh Anda agar tidak mengalami dehidrasi karena saat tubuh dehidrasi maka proses pembuangan asam urat berupa urine akan terhambat. Untuk itulah penuhi kebutuhan cairan tubuh agar pembuangan asma urat yang berlebih dapat berjalan lancar.

2. Malas Gerak

Saat Anda malas bergerak maka bisa memicu obesitas dan meningkatkan risiko asam urat. Akan tetapi penderita asam urat yang kambuh sebaiknya tidak berolahraga agar tidak memperparah nyeri sendi. Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis aktivitas yang sesuai untuk penderita asma urat.

3. Minum Obat Tanpa Petunjuk Dokter

Hal yang dihindari saat asam urat berikutnya yaitu mengkonsumsi obat diuretik atau aspirin tanpa petunjuk atau rekomendasi dari dokter. Sebab obat-obatan tersebut bisa meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Pengobatan Alami Asam Urat yang Ampuh

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami asam urat, sebaiknya perlu segera menjauhi beberapa hal yang dihindari saat asam urat. Selain itu, Anda juga perlu mengobati asam urat dengan produk yang terbukti ampuh, alami dan sudah berizin POM yaitu Rheumapas. Obat herbal Rheumapas dibuat dari bahan herbal seperti sambiloto dan temulawak yang telah terbukti ampuh atasi masalah asam urat hingga radang atau nyeri sendi tanpa efek samping.

Selain bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, Rheumapas juga aman dikonsumsi oleh anak-anak karena kandungan bahan alami sekaligus bebas bahan kimia. Namun dosis yang dianjurkan untuk dewasa 3×2 kapsul per hari dan anak-anak 2×2 kapsul per hari sesudah makan. Untuk mengatasi asam urat yang kambuh atau pencegahan maka jangan ragu mengkonsumsi Rheumapas secara rutin dan buktikan sendiri khasiatnya.

Tinggalkan Komentar