Rheumapas

Ini Dia Pengobatan Alternatif Rematik Secara Alami

Rematik merupakan suatu penyakit autoimun yang umumnya menyerang bagian persendian. Hal ini menyebabkan terjadinya peradangan kronik sekaligus menimbulkan rasa nyeri pada area sendi. Salah satu gejala yang biasanya terjadi akibat gangguan kesehatan ini adalah radang sendi, bengkak dan sendi terasa sangat kaku khususnya di pagi hari. Penyakit rematik ini tentunya sangat mengganggu aktifitas sehingga banyak orang mencari pengobatan alternatif rematik.

Pengobatan Alternatif Rematik Alami

Biasanya, penyakit rematik diobati dengan cara meminum obat-obatan tertentu. Selain itu, terdapat pengobatan alternatif rematik alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Pengobatan rematik ini dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama ketika gejala rematik menyerang. Lalu apa saja bahan pengobatan alternatif rematik alami tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Jahe dan kunyit

Hampir setiap dapur ibu mempunyai bahan alami ini karena sering dimanfaatkan untuk bahan bumbu memasak. Selain memiliki citarasa yang khas, jahe dan kunyit ternyata juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif rematik alami.

Kunyit mengandung bahan aktif yakni kurkumin yang sudah terbukti ampuh untuk mengurangi adanya pembengkakan dan rasa nyeri pada area sendi yang mengalami rematik. Adapun jahe bermanfaat untuk mengurangi gejala sakit yang dialami akibat rematik.  Hal ini karena jahe mengandung efek anti peradangan yang dapat mengatasi gejala mual ataupun muntah.

2. Bawang putih

Bumbu dapur yang sangat sering digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif rematik secara alami. Efek antiradang di dalam bawang putih ternyata sangat bagus untuk membantu menghambat produksi sitokin. Zat tersebut merupakan zat penyebab peradangan yang mana efek tersebut ternyata bisa dilawan menggunakan bawang putih.

3. Teh hijau

Meminum teh hijau ternyata juga bisa menjadi salah satu pengobatan alternatif rematik yang menyerang tubuh. Hal ini karena teh hijau mengandung katekin yang berperan penting dalam mengatasi rematik. Bahkan, dengan mengkonsumsi teh hijau ini secara rutin minimal selama enam bulan diyakini bisa membantu menurunkan gejala rematik.

Meskipun demikian, dalam meminum teh hijau ini juga harus diiringi dengan aktifitas olahraga yang cukup agar hasil pengobatan yang didapatkan menjadi maksimal. Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan di atas treadmill dalam durasi 45-60 menit.

Namun yang perlu diperhatikan adalah anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk meminum bahan alami ini, terlebih jika anda meminumnya bersamaan dengan konsumsi obat medis.

4. Kayu manis

Kayu manis di dunia Barat dikenal sebagai pemanis kue yang memiliki banyak penggemar. Sementara itu, kayu manis dalam dunia medis sangat populer memiliki sifat antiinflamasi. Oleh sebab itu, kayu manis bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif rematik secara alami. Terkadang, penyakit rematik juga dapat membuat sendi menjadi membengkak.

Dengan memanfaatkan kayu manis ini, maka pembengkakan tersebut bisa diatasi.

Anda cukup mencampurkan kayu manis secukupnya ke dalam kopi atau teh, agar manfaatnya bisa dirasakan. Sangat mudah bukan?

5. Cabai rawit

Cabai rawit sudah banyak dimanfaatkan sejak lama sebagai obat alami. Hal ini karena cabai memiliki kandungan senyawa alami yakni capsaicinoids yang menjadikannya masuk dalam daftar obat alami untuk meredakan rematik. Selain itu, cabai ternyata juga biasa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

6. Lada hitam

Rempah lada hitam memang tidak sepedas cabai, namun rempah ini juga termasuk dalam golongan obat rematik alami. Rajanya rempah-rempahan di dalam dapur ini mengandung antioksidan, sifat antiinflamasi dan juga antibakteri yang bagus untuk meredakan rematik.

Sebuah riset menunjukkan bahwa komponen kimia dalam lada hitam misalnya piperine, sangat bagus untuk mengatasi peradangan akut.

7. Cengkeh

Radang mulut, tenggorokan, mual, sakit perut ataupun rematik merupakan contoh penyakit yang bisa disembuhkan dengan cengkeh. Bahan rempah ini sering dimanfaatkan sebagai tambahan minuman teh yang ternyata memiliki sifat antiinflamasi. Meskipun termasuk bahan rempah yang tidak murah, namun manfaat yang terkandung di dalamnya sangat banyak.

8. Kompres dingin dan panas

Menerapkan kompres es pada area sendi yang meradang bisa membantu mengurangi rasa sakit maupun pembengkakan. Anda bisa memakai handuk bersih lalu celupkan pada air es, atau bisa juga dengan membungkus es batu secukupnya menggunakan handuk. Namun yang harus diingat adalah jangan menerapkan es batu secara langsung pada kulit tanpa menggunakan lapisan karena hal tersebut dapat mejadikan kulit rusak.

Bagi anda yang mungkin mengalami ketegangan otot dan terasa sangat sakit, maka anda bisa memilih pengobatan alternatif rematik dengan air hangat. Mandi air hangat bisa merilekskan otot sekaligus melancarkan peredaran darag sehingga dapat memberikan efek tenang. Anda juga bisa memakai handuk panas, kompres hangat atau bantal pemanas.

Nah, itulah beberapa pengobatan alternatif rematik alami yang bisa anda coba dengan mudah di rumah. Karena gejala rematik sangatlah mengganggu aktifitas, maka obati dengan segera agar anda bisa beraktifitas seperti biasa kembali. Anda juga bisa memilih produk Rheumapas sebagai bahan herbal yang diyakini mampu untuk alternative pengobatan rematik secara alami. Produk ini terbuat dari ekstrak tanaman sambiloto dan temulawak yang bagus untuk meredakan nyeri.

Tinggalkan Komentar