Rheumapas

Ini Dia Cara Mengobati Rematik Pada Telapak Kaki

Rematik atau juga disebut dengan rheumatoid arthritis merupakan peradangan kronis yang bisa mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk bagian telapak kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri otot, bengkak dan kaku pada sendi. Rematik yang menyerang lutut, pinggul atau kaki bisa membuat penderita kesulitan untuk berdiri, membungkuk bahkan berjalan. Oleh sebab itu dibutuhkan cara mengobati rematik pada telapak kaki yang efektif dan tepat.

Cara Mengobati Rematik Pada Telapak Kaki

Rasa sakit yang muncul pada bagian persendian ini cenderung hilang dan timbul kembali. Namun biasanya gejala dapat memburuk ketika pagi hari sesudah bangun tidur ataupun setelah penderita duduk dalam waktu cukup lama. Orang yang berusia lebih dari 40 tahun memiliki resiko lebih tinggi mengalami rematik. Berikut ini beberapa cara mengobati rematik pada telapak kaki yang bisa dilakukan dengan mudah untuk meredakan nyeri rematik.

1. Berbaring dan mengangkat kaki

Duduk atau bisa juga berbaring dengan posisi kaki ditinggikan menjadi salah satu cara mengobati rematik pada telapak kaki yang dapat mengurangi pembengkakan. Usahakan untuk menghindari penggunaan kaki berlebih, khususnya untuk aktivitas berat dan berdampak tinggi misalnya berjalan atau jogging.

2. Kompres dingin

Kompres dingin bermanfaat untuk mengurangi perdarahan pada jaringan, mengurangi peradangan, mengurangi kejang otot dan juga nyeri. Cara mengobati rematik pada telapak kaki bisa dilakukan dengan memijat kaki bagian bawah dengan tekanan sedang memakai botol yang diisi dengan air es kurang lebih selama 20 menit.

Anda dapat melakukan cara ini sebanyak tiga atau empat kali dalam sehari berdasarkan anjuran dari American Academy of Orthopaedic Surgeons. Selain itu, anda juga bisa mengompres pada bagian telapak kaki kurang lebih selama 15-20 menit beberapa kali dalam sehari.

3. Melakukan peregangan

Ambilah posisi duduk dengan tegak pada kursi dengan kaki menapak pada lantai. Kemudian angkat kaki kanan ke arah atas dan taruh di paha bagian kiri. Gunakan jari-jari dengan lembut untuk meregangkan jari kaki, mulai dari atas, ke bawah dan ke samping.

Tahan gerakan ini di setiap arah kurang lebih 5 detik. Ulangi aktifitas peregangan dengan bagian kaki yang lain, lalu lakukan aktifitas ini pada masing-masing kaki sekitar 20 kali.

4. Memilih ukuran sepatu yang pas

Salah satu cara mengobati rematik pada telapak kaki yang cukup penting adalah memakai ukuran sepatu yang pas. Pastikan sepatu anda mendukung kaki anda dan nyaman saat digunakan. Kriteria sepatu yang bagus berdasarkan National Institute on Aging antara lain :

  • Memiliki bentuk yang sesuai dengan kaki anda
  • Tumit sepatu tidak bergeser baik ke bawah maupun ke atas saat digunakan untuk berjalan
  • Terdapat jarak kurang lebih 1 cm di antara ujung sepatu dan ujung jari kaki
  • Fleksibel atau mudah digerakkan
  • Tidak terlalu sempit atau ketat
  • Bantalan alas kaki dan sol tebal

5. Menggunakan gel, krim dan lotion

Lotion, krim dan juga gel bisa digosok langsung pada kulit untuk membantu menurunkan rasa nyeri sendi. Ketika kulit menyerap bahan tersebut, sakit dapat mereda berdasarkan durasi yang bervariasi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa mencari produk oles yang mengandung salisilat, capsaicin, mentol atau kamper.

6. Relaksasi dan istirahat

Cara mengobati rematik pada kaki berikutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Cobalah untuk tidur minimal delapan jam per hari. Selain tidur malam, usahakan untuk tidur siang terutama bagi anda yang tidak memiliki kualitas tidur malam yang baik. Selain penderita rematik, tidur yang cukup juga disarankan bagi siapa saja agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

7. Konsumsi obat pereda nyeri

Untuk meneghilangkan rasa sakit atau nyeri pada bagian kaki, anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Berdasarkan Versus Arthritis, parasetamol bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit dan juga perasaan tidak nyaman akibat nyeri. Obat pereda rasa nyeri yang bisa anda pakai yakni jenis obat NSAIDs atau nonsteroidal anti inflamasi.

Rheumapas merupakan salah satu obat herbal yang bisa digunakan sebagai cara mengobati rematik pada telapak kaki yang cukup efektif. Produk herbal ini merupakan kombinasi dari ekstrak tumbuhan temulawak dan sambiloto. Kedua tumbuhan berkhasiat tersebut memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa membantu meredakan bengkak, radang atau nyeri sendi akibat rematik maupun asam urat.

Produk herbal Rheumapas memiliki kandungan 220 mg Curcuma xanthoriza Rhizoma serta 160 mg Andrographidis paniculata Herba yang hadir dalam bentuk kapsul. Dengan mengkonsumsi obat herbal ini secara rutin sesuai dengan anjuran dokter maka rasa nyeri yang anda alami akibat rematik dapat berangsur sembuh. Perhatikan aturan minum obat herbal ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tinggalkan Komentar