Rheumapas

Ini Dia Akibat Asam Urat Tinggi

Asam urat adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda akibat asam urat tinggi yang merugikan kesehatan tubuh? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut

Mengenal Asam Urat

Pada dasarnya, asam urat merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh secara alami untuk mengurai zat purin dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam keadaan normal, zat asam urat yang tidak digunakan oleh tubuh akan langsung dibuang melalui urine dan feses. Sedangkan, bahaya asam urat umumnya terjadi ketika produksinya di dalam tubuh terlalu banyak, sehingga ginjal tidak mampu untuk membuangnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya kristal padat pada area sendi, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan penyakit asam urat. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus tanpa diobati, kristal padat tersebut dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, mulai dari kerusakan sendi hingga penyakit ginjal.

Penyebab Asam Urat

Penyebab utama asam urat adalah akibat tingginya kadar purin di dalam tubuh, yang mana kadar purin ini terdapat pada makanan yang mungkin sering Anda konsumsu, di antaranya adalah daging merah, hidangan laut (sea food), dan jeroan hewan. Selain itu, asam urat juga dapat dipicu oleh beberapa faktor dibawah ini, yaitu :

  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi dan minuman beralkohol.
  • Menggunakan obat-obatan tertentu seperti obat pengencer darah, obat-obatan kemoterapi, dan obat penghambat enzim.
  • Memiliki anggota keluarnya dengan riwayat penyakit asam urat.

Gejala Asam Urat

Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan ketika asam urat tinggi, di antaranya adalah :

  • Nyeri yang teramat sangat pada bagian sendi.
  • Sendi kaku, sehingga sulit bergerak atau berjalan, khususnya di malam hari.
  • Rasa nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam diserai dengan rasa panas, pembengkakan, serta muncul kemerahan pada kulit sekitar sendi yang terdampak.

Ketika gejala mereda dan pembengkakan sudah mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena pun akan tampak bersisik terkelupas dan terasa gatal.

Meski sebenarnya gejala penyakit ini dapat mereda dengan sendirinya, namun harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Akibat Asam Urat

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat terjadi akibat penyakit asam urat tidak diobati. Di antaranya adalah :

1. Tophi

Salah satu akibat dari asam urat yang tida diobati adalah terjadinya penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga pada akhirnya hal tersebut dapat memicu terbentuknya benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Bernjolan tersebut bisa berisi cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, jari tangan, siku, lengan, lutut, tumit, atau di sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika asam urat kambuh, maka tophi pun bisa mengalami peradangan, pembengkakan, dan terasa sakit hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Kerusakan sendi

Akibat lain yang disebabkan karena asam urat tidak diobati adalah terjadinya kerusakan pada sendi. Hal ini terjadi akibat kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkendali, sehingga pada akhirnya menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen.

Umumnya, kerusakan pada sendi ini terjadi setelah tophi timbul di bagian sendi yang mengalami peradangan. Kondisi ini tentunya masalah yang cukup serius, sehingga diperlukan prosedur operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak.

3. Batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan salah satu akibat dari asam urat yang tidak diobati. Dalam hal ini, asam urat yang menumpuk lama kelamaan akan membentk batu ginjal. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi ginjal yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

4. Penyakit jantung koroner

Jangan salah, ternyata asam urat tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan kristal asam urat di pembuluh darah yang dibawa oleh darah.

5. Diabetes

Terakhir, akibat dari asam urat tinggi yang tidak diobati terus-menerus adalah terjadinya diabetes. Ya! Asam urat memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes, bahkan dalam sebuah penelitian pun diungkapkan bahwa kadar asam urat tinggi dalam darah dapat meningkatnkan risiko diabetes hingga 20 persen.

Mengatasi Asam Urat secara Amdan dan Efektif dengan Obat Herbal

Mengatasi asam urat dengan metode tradisional, yakni dengan memanfaatkan obat-obatan herbal hingga saat ini masih menjadi pilihan atau alternatif terbaik. Salah satu obat herbal asam urat paling ampuh dan efektif dalam mengatasi masalah tersebut adalah Obat Herbal Rheumapas. Hal ini disebabkan karena Rheumapas terbuat dari 100% ekstrak bahan alami berkualitas yang khasiatnya tidak diragukan lagi dalam memberantas asam urat. Tak hanya itu, obat herbal satu ini juga aman dikonsumsi oleh semua kalangan dan tidak menimbulkan efek samping.

Tinggalkan Komentar