Rheumapas

Gejala & Penyebab Wasir

Gejala & Penyebab Wasir

Apa itu wasir?

Wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah vena pada sekitar anus meradang Penyebab Osteoporosisatau bengkak. Kondisi ini juga sering disebut dengan hemorrhoid atau lebih dikenal dengan ambeien.

Wasir bisa muncul dalam rektum (saluran yang menghubungkan antara usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Biasanya wasir disebabkan karena sering atau kelamaan mengejan ketika BAB (buang air besar).

Penyakit ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul dalam saluran rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoidtidak akan nyeri tapi menyebabkan BAB menjadi berdarah.
  • External hemorrhoid. Wasir jenis ini terletak diluar permukaan anu dan akan terasa gatal , nyeri, terkadang bisa robek bahkan berdarah.

Tanda-tanda & gejala

Wasir merupakan kondisi yang memiliki beberapa gejala seperti berikut:

  • BAB berdarah berwarna merah terang tetapi tidak nyeri
  • Gatal dan iritasi di area rektum
  • Nyeri dan terasa tidak nyaman
  • Bengkak di area sekitar anus
  • Benjolan yang sensitif yang nyeri

Kondisi ambeien yang lebih sering menyebabkan rasa tidak nyaman serta nyeri yaituexternal hemorrhoidInternal hemorrhoid biasanya tidak akan menyebabkan rasa nyeri.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan seperti di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan pada gejala tertentu, konsultasikanlah segera dengan dokter.

Penyebab Wasir

Penyebab wasir adalah pembengkakan pembuluh darah pada vena. Pembengkakan bisa terjadi karena meningkatnya tekanan pada rektum bagian bawah. Faktor yang meningkatkan tekanan tersebut yaitu:

  • Mengejan ketika BAB
  • Duduk yang terlalu lama
  • Diare atau sembelit kronis
  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Hamil
  • Kurang asupan dengan makanan berserat

Faktor-faktor risiko

Wasir disebabkan karena bengkaknya pembuluh darah vena akibat dari peningkatan tekanan di rektum bagian bawah. Faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab wasir antara lain:

  1. Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat dari sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya akan memicu pembengkakan pembuluh darah di area anus dan menjadi penyebab wasir.
  2. Kehamilan. Seiring dengan usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang untuk mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini lalu kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada pada usus besar sehingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.
  3. Duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk yang terlalu lama dapat menjadi penyebab wasir, sebab pembuluh darah pada sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut hingga akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah.
  4. Mengangkat benda berat. Berulang kali mengangkat benda berat juga bisa jadi penyebab wasir karena adanya penumpukan tekanan dibagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah hingga akan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.
  5. Usia. Ketika kondisi tubuh semakin menua secara alami akan menyebabkan jaringan pembuluh darah pada sekitar rektum menjadi semakin melemah dan meregang, sehingga akan rentan untuk membengkak. Inilah yang pada akhirnya akan menjadi penyebab wasir.

Baca juga

Tinggalkan Komentar