Gejala Mata Ikan Dan Cara Mencegahnya

Apa itu mata ikan?

Rheumapas.com – Mata ikan adalah istilah untuk menggambarkan benjolan keras yang pada umumnya muncul di kaki. Bentuknya kecil dengan titik di bagian tengahnya mendatangkan masalah kulit yang disebut mata ikan.

Terdapat dua jenis dari mata ikan, yaitu yang disebabkan karena virus dan yang disebabkan oleh gesekan. Mata ikan yang disebabkan karena virus disebut dengan plantar warts (kutil plantar). Sementara, plantar warts yang disebabkan karena gesekan serta tekanan disebut dengan corn.

Keduanya memiliki tampilan yang juga serupa. Anda bisa mengenalinya dengan terlihatnya benjolan keras, kasar dan menebal.

Mata ikan yang disebabkan karena virus atau plantar warts biasanya akan muncul pada tumit dan area penopang kaki yang lainnya. Tekanan ini juga dapat menyebabkan kutil tumbuh ke dalam pada bawah lapisan kulit yang keras dan tebal.

  • Soliter warts (kutil tunggal), kutil jenis ini pada biasanya hanya muncul satu akan tetapi sering kali semakin membesar.
  • Mozaic warts atau (kutil mosaic), terdiri dari sekelompok kutil yang kecil dan tumbuh berdekatan dan lebih susah diobati.

Sementara itu, mata ikan yang disebabkan karena tekanan dan gesekan biasanya akan muncul di area kaki yang tidak menahan berat, contohnya seperti bagian atas, samping, bahkan di antara jari kaki. Umumnya dengan berbentuk kecil, bundar, dengan bagian tengah yang keras. Corn juga biasanya cenderung sakit ketika ditekan.

Umumnya, mata ikan bukanlah merupakan suatu masalah kesehatan serius, tetapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman hingga nyeri. Jika obat-obatan yang dijual bebas tidak juga bisa menghilangkan mata ikan, Anda mungkin perlu meminta dokter untuk membantu mengangkatnya melalui operasi ringan.

Seberapa umumkah mata ikan?

Mata ikan umum terjadi pada masyarakat. Kondisi ini umumnya menyerang pada anak-anak (usia 12-16 tahun). Namun, kondisi ini dapat menyerang siapa pun rentang usia berapa pun.

Mata ikan sangat bias untuk dicegah dan dikendalikan. Caranya tentu saja dengan menghindari berbagai faktor yang meningkatkan risikonya. Diskusikanlah dahulu dengan dokter Anda untuk informasi yang lebih lanjut.

Gejala mata ikan

Apa saja tanda-tanda dan juga gejala mata ikan?

Berikut merupakan berbagai ciri dan gejala mata ikan, yaitu:

  • Tumbuhnya benjolan kecil, berdaging, dan terasa kasar. Biasanya pada pangkal jari kaki, kaki bagian depan, hingga tumit.
  • Kulit yang keras serta menebal (kalus) yang terbentuk pada kulit, di mana mata ikan tumbuh ke dalam
  • Bintik-bintik hitam yang biasanya disebut dengan biji kutil, tetapi sebenarnya merupakan gumpalan pembuluh darah yang beku.
  • Benjolan keras yang kasar hingga terangkat.
  • Benjolan yang mengganggu garis serta gundukan normal di kulit telapak kaki.
  • Rasa nyeri dan terasa sakit ketika berjalan atau berdiri.

Kemungkinan ada beberapa tanda-tanda lain dan gejala yang tidak disebutkan seperti di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai gejala tertentu, segera untuk konsultasikanlah kepada dokter Anda.

Cara Mencegah Mata Ikan

Mata ikan pada telapak kaki dapat kembali muncul, jika Anda tidak segera menghindari penyebabnya. Penting untuk Anda mengetahui penyebab dari mata ikan agar dapat dihindari.

Penyebab yang cukup sering terjadi dari mata ikan di telapak kaki adalah pada penggunaan sepatu yang tidak benar, atau misalnya ukuran sepatu yang tidak pas, sering tidak menggunakan kaus kakimasalah kelainan pada bentuk jari kakidan penggunaan sepatu hak tinggi dengan berlebihan.

Baca juga