Gejala Kolesterol Pada Orang Kurus

Rheumapas.com Р Dalam tubuh manusia terdapat kolesterol, yang merupakan senyawa dengan sifat yang mirip lemak hidup secara alami dalam hampir setiap bagian dalam tubuh seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan juga jantung. Kolesterol bisa datang dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang dikonsumsi.

Kadar kolesterol normal dalam tubuh

Kadar kolesterol total yang baik pada darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya dapat mencapai 240 mg/dl atau lebih.

Kadar LDL yang baik darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan bila kadarnya mencapai hingga 160 mg/dl atau lebih.

Kadar HDL yang baik pada tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.

Kadar trigliserida yang baik pada darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk pada kategori tinggi bila kadarnya mencapai hingga 200 mg/dl atau lebih.

Gejala kolesterol pada Orang Kurus

  1. Bengkak dan mati rasa anggota badan

Gejala kolesterol pada orang kurusyang pertama ialah bengkak dan mati rasa anggota badan. Ini merupakan salah satu gejala yang menunjukkan bahwa kamu memiliki kadar kolesterol tinggi. Bengkak dan mati rasa dapat terjadi akibat dari akumulasi lipid menyumbat sirkulasi darah.

  1. Halitosis

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya ialah halitosis. Bau napas atau yang dikenal dengan halitosis merupakan gejala paling umum yang terjadi kepada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

  1. Pusing dan sakit kepala

Gejala kolesterol tinggi lainnya ialah mengalami pusing dan sakit kepala. Kolesterol bisa mengendap di arteri, hal ini mengganggu sirkulasi darah dan juga oksigen pada sel. Gejala kolesterol satu ini menyebabkan pusing dan juga sakit kepala.

  1. Sembelit

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya mengalami sembelit. Penumpukan lipid pada arteri juga memberikan efek pada pencernaan, seperti sembelit. Ini bisa jadi dikarenakan beberapa faktor, tapi salah satunya bisa jadi karena kadar kolesterol yang tidak terkontrol.

  1. Nyeri pada dada

Gejala kolesterol tinggi lainnya yakni merasakan nyeri pada dada. Nyeri pada dada merupakan gejala yang paling mudah untuk dikenali. Meskipun ada banyak penyakit yang berkaitan nyeri pada dada, kasus terbanyak ialah akibat kolesterol tinggi.

Hal ini terjadi karena tumpukan lemak pada arteri dapat mengganggu aliran darah. Selain kolesterol, nyeri pada dada juga bisa disebabkan karena hipertensi.

  1. Keletihan dan kelemahan kronis

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya ialah keletihan dan kelemahan kronis. Perasaan lemah, kelelahan, dan keinginan tidur pada jam yang tidak biasa lazimnya disebabkan karena nutrisi buruk, terlalu banyak aktivitas fisik ataupun penyakit tertentu.

Cara Mengobati kolesterol tinggi dengan alami

Tidak perlu menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Berikut merupakan cara mengobati dengan alami:

  1. Ubah kebiasaan makan

Obat kolesterol alami yang paling ampuh ialah dengan cara memerhatikan makanan apa yang dimakan. Pasalnya, kadar HDL dan LDL pada tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk itu, kamu perlu mengontrol asupan makanan yang dimakan supaya kadar HDL dan LDL tetap terjaga.

  1. Lakukan olahraga teratur

Agar bisa menurunkan berat badan, kamu harus melakukan olahraga dengan teratur. Selain itu, olahraga teratur juga bisa membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. 30 menit per hari atau 150 menit per minggu agar manfaat ini bisa dirasakan.

  1. Berhenti merokok

Merokok bisa menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga bisa melukai dinding pembuluh darah. Berhenti merokok juga bisa menjadi obat kolesterol alami yang bisa membantu mengendalikan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok jika ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol yang tinggi.

Baca juga