Rheumapas.com – Kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Selain itu, kalsium juga akan berdampak pada kesehatan jantung, tekanan darah, berat badan, dan dapat mencegah kanker prostat.

Cara kalsium bekerja dalam tubuh adalah dengan beredar dalam darah dan tersimpan di tulang. Jika tubuh kekurangan kalsium darah maka kalsium juga dilepaskan dari tulang.

Dan hal ini juga dapat menyebabkan tulang lunak atau rapuh contohya seperti osteoporosis dan juga kesehatan gigi yang buruk.

Menurut data dari National Institute of Health, orang dewasa dari usia sekitar 19-50 tahun harus memiliki minimal 1.000 miligram kalsium per hari.

Kekurangan kalsium merupakan masalah umum, mungkin akan menjadi serius jika tidak didiagnosis serta diobati dengan tepat waktu.

Tanda Dan Gejala Kekurangan Kalsium

Berikut merupakan gejala kekurangan kalsium yang dapat terjadi:

  1. Gigi berlubang

Gigi berlubang dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk.

Namun, kekurangan kalsium pada tubuh juga bisa berkontribusi penyebab pada gigi berlubang.

Hal ini sebagian besar terjadi pada wanita muda dan juga wanita hamil.

  1. Kuku yang lemah dan rapuh

Salah satu tanda dari kekurangan kalsium yang paling umum ialah kuku yang lemah dan rapuh.

Jika Anda terus-menerus mengalami kuku yang retak, itu bisa jadi bahwa tubuh sedang kekurangan kalsium.

Perbanyak makanan yang padat serta kalsium dan lebih banyak contohnya seperti tahu, buah ara, produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan, salmon, dan lain-lain.

  1. Kram otot

Kram otot yang sedikit tidak mengkhawatirkan, akan tetapi jika berlangsung untuk waktu yang cukup lama, maka Kita harus segera periksakan diri ke dokter.

Karena mungkin tubuh Kita akan mengalami kekurangan kalsium yang cukup parah.

Kekurangan kalsium kronis akan menyebabkan nyeri otot, kontraksi otot, serta ketidak nyamanan secara keseluruhan karena kalsium ini akan membantu otot dalam bergerak.

  1. Kegemukan

Kelebihan berat badan merupakan tanda untuk menunjukkan tubuh Kita memiliki kekurangan kalsium.

Mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi, serta produk susu rendah lemak telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Tekanan darah tinggi

Mendapatkan asupan kalsium yang direkomendasikan setiap hari akan mengurangi risiko untuk terkena tekanan darah tinggi, menurut National Institutes of Health.

Konsumsilah makanan yang mengandung makanan yang kaya dengan kalsium, seperti susu, kacang almond, serta sayuran seperti brokoli, kol, dan masih banyak lainnya.

Baca juga