Rheumapas

kista ganglion di kaki

Kista Ganglion di Kaki

Kista Ganglion di Kaki

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang menderita benjolan pada pergelangan tangan? Atau mungkin Anda sendiri yang mempunyai benjolan tersebut. Itu namanya Kista Ganglion.

Sebetulnya tidak perlu takut jika Anda mengalaminya. Kista Ganglion adalah benjolan, tapi bukan kanker yang tumbuh akibat karena kebocoran jaringan di sekeliling sendi dan tendon. Teori ini dibuktikan melalui adanya cairan kental yang berada pada  bagian tersebut.

Umumnya benjolan ini berada pada bagian pergelangan tangan dan kaki. Selain itu, adanya benjolan adalah karena ada cairan yang muncul di penghubung antara otot dan tulang.

Gejala kista ganglion

  1. Benjolan kista ganglion di kaki atau tangan

Sebetulnya kista ganglion bisa timbul di bagian manapun. Memang mayoritas tumbuh pada pergelangan tangan dan bagian tendon. Selain itu, kerap pada bagian persendian lutut dan kaki.

  1. Bentuk bulat dan ukuran kecil

Bentuk benjolan bulat oval. Berisi cairan kental. Biasanya berukuran sekitar 2,5 cm, bahkan bisa lebih dari itu. Kista dapat tumbuh pada persendian yang sering melakukan gerakan. Akibatnya kista kecil, lama kelamaan akan menjadi besar.

  1. Menimbulkan Nyeri dan Tidak Nyaman

Penderita kista ganglion merasakan nyeri, meskipun tidak setiap saat itu terjadi. Biasanya hanya pada keadaan tertentu saja yang bisa memicu rasa nyeri.

Contohnya ketika Anda mengarahkan telapak tangan ke atas atau ke bawah. Sendi akan bergerak. Ketika saraf Anda terjepit, baru akan muncul nyeri. Bisa juga  terasa kesemutan, dan parahnya lagi mati rasa.

Penyebab Kista Ganglion

Beberapa faktor penyebab kista ganglion :

  1. Peradangan tulang dan sendi

Aktivitas yang berlebihan akan memicu kista ganglion, terutama jika Anda punya masalah peradangan tulang dan juga sendi. Kista ganglion akan menyerang persendian jari dekat kuku Anda.

  1. Cidera pada persendian

Jika sebelumnya pernah mengalami cidera pada persendian, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Pasalnya ketika Anda memaksakan sendi yang cidera, bisa saja kista tumbuh.

  1. Usia dan jenis kelamin

Penelitian menunjukkan bahwa kaum wanita akan lebih rentan terhadap kista ganglion. Berada pada rentang usia 20 hingga 40 tahun.

Cara Mengetahui Kista Ganglion

Ada 3 cara mengetahui kemunculan kista ganglion, antara lain via rontgen, Magnetic Resonance Imaging (MRI), dan USG.

  1. Rontgen

Pemeriksaan dengan cara mengambil gambar bagian dalam tubuh penderita ini bertujuan untuk memastikan jika benjolan tersebut adalah kista, dan juga bukan radang sendi maupun tumor tulang.

  1. MRI

Pencitraan resonansi magnetik atau pemeriksaan untuk memastikan lebih jelas kalau benjolan tersebut adalah benar kista ganglion. Sebab terkadang kista yang masih sangat kecil sulit untuk terdeteksi dengan alat lain, selain dengan melakukan pemeriksaan MRI.

  1. USG

Hampir sama seperti rontgen, pemeriksaan USG bertujuan untuk memeriksa apakah benjolan tersebut benar kista ganglion atau bukan.

Cara Mengatasi atau Mengobati Kista Ganglion

Ada beberapa cara mengatasi dan mengobati kista ganglion, yakni:

  • Imobilisasi

Menonaktifkan persendian pada daerah kista. Menggunakan pembidaian dan belat. Namun cara ini dapat melemahkan otot-otot di sekitar sendi. Jadi tidak terlalu disarankan.

  • Aspirasi

Aspirasi merupakan pengambilan cairan yang ada di benjolan menggunakan jarum suntikan.

  • Operasi

Ini merupakan cara terakhir untuk mengobati kista ganglion. Mengambil benjolan melalui cara operasi atau pembedahan.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar