5 Fungsi Asam Urat Dalam Tubuh

Rheumapas.com – Produk akhir dari metabolisme purin yang ditemukan DNA dan juga RNA disetiap sel dalam tubuh manusia disebut dengan asam urat. Purin dapat di temukan pada berbagai jenis makanan yang salah satunya adalah jeroan, melinjo, bayam, usus, hati dan yang lainnya. Asam urat dibuang oleh tubuh melalui urin dan dikeluarkan melalui fases. Pembagiannya dan pembuangannya sebanyak 30% dibuang dan dikeluarkan melalui fases sedangkan sisanya dikeluarkan melalui urin. Asam urat mempunyai berbagai macam fungsi bagi tubuh. Adapun manfaat asam urat dalam tubuh yaitu sebagai berikut

Fungsi asam urat pada tubuh

  1. Neuroprotektif

Kadar asam urat pada tubuh dapat digunakan untuk memprediksi prognosis orang yang terkena AIS (Acute Ischemic Stroke). Hal tersebut berdasarkan dari beberapa hasil penelitian dan mempercayai bahwa asam urat merupakan neuroproitektif.

  1. Antioksidan

Asam urat adalah salah satu asam urat natural yang dimiliki oleh tubuh seseorang yang dimana asam urat tersebut akan tersebar diseluruh tubuh. Konsentrasi antioksidan dalam asam urat sepuluh kali lipat lebih tinggi dibandingkan antioksidan yang lainnya. Tapi ketahuilah bahaya akibat dari kelebihan antioksidan ini juga yang harus diwaspadai.

  1. Sebagai warning sign

Asam urat juga bisa bermanfaat sebagai warning sign. Agar dapat mentriger mekanisme pertahanan dan juga perbaikan maka organisme harus dapat mengetahui apakah sel tersebut hidup atau mati. Dan mendeteksi ketika mikroorganisme sedang menyerang.

  1. Berperan dalam sistem imun yang adaptif

Sistem imun adaftif adalah salah satu sistem imun yang telah terspesialisasi. Asam urat juga berfungsi untuk meningkatkan limfosit. Limfosit ini memiliki peran yang cukup penting. Salah satunya adalah dengan untuk melawan tumor dan mengenduksi sel sitotoksik yang bids membunuh serta mengambat pertumbuhan tumor.

  1. Mobilisasi progenitor sel endotel

Asam urat juga memiliki fungsi lain yaitu mempercepat dalam proses perekrutan progenitor sel endotel di dalam merespon pada iskemik jaringan. Regenerasi sel endotel adalah hasil dari progenetol sel endotel. Meskipun demikian hal tersebut belum dilakukan penelitian pada manusia baru dilakukan penelitian pada tikus.

Itulah 5 fungsi asam urat untuk tubuh. Semoga dengan adanya artikel ini manfaat asam urat ini dapat Anda membantu menambah pengetahuan serta wawasan Anda mengenai asam urat terutama pada fungsi asam urat untuk tubuh

Baca juga