Rheumapas

Fakta Atau Mitos, Sering Mandi Malam Bisa Memicu Rematik

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar pendapat yang menyebutkan bahwa mandi malam bisa memicu rematik. Kalimat tersebut biasanya sering menjadi larang ketika Anda akan mandi saat malam hari. Padahal kebanyakan pekerja kantoran sering mandi saat malam hari karena tuntutan pekerjan mereka yang mengharuskan berangkat pagi dan pulang saat malam hari. Dengan mandi sesudah pulang kerja saat malam hari maka tubuh akan terasa lebih segar, bersih dan nyaman. Akan tetapi benarkah mandi malam bisa memicu rematik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Penyebab Rematik

Untuk menjawab apakah mandi malam bisa memicu rematik maka Anda perlu memahami terlebih dahulu faktor-faktor yang bisa menyebabkan rematik. Sebetulnya rematik termasuk dalam kategori autoimun yang mana kondisi ini menyebabkan sel-sel sistem kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat termasuk bagian sendi.

Namun hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab rematik. Secara umum rematik anyak menyerang para wanita di usia 20-40 tahun. Seiring dengan semakin bertambahnya usia, justru risiko terserang rematik juga semakin meningkat. Kondisi tersebut disebabkan adanya cairan pemulas sendi yang semakin bekurang produksinya yang menimbulkan peradangan sendi.

Jika berbicara mengenai penyebab rematik, terdapat dua jenis rematik yang bisa dialami oleh anak-anak muda. Termasuk salah satunya yang sering dialami oleh anak-anak yaitu juvenile rheumatoid arthritis. Biasanya rematik ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri sendi, bengkak sendi hingga sendi tampak kemerahan.

Awalnya nyeri sendi akibat rematik memang tidak begitu mengganggu sehingga sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Namun dengan bertambahnya waktu, nyeri sendi tersebut akan semakin berkembang dan membuat sendi terasa lebih berat. Akhirnya peradanganpun terjadi di bagian sendi dan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Lebih parahnya lagi, rematik juga bisa mengganggu bagian tubuh lainnya karena penyakit ini bersifat autoimun.

Fakta Atau Mitos Mandi Malam Bisa Memicu Rematik?

Selama ini banyak orang tua yang mempercayai mandi malam bisa memicu rematik. Akan tetapi belum ada penelitian yang bisa mengungkapkan secara jelas bahwa salah satu penyebab rematik adalah sering mandi malam.

 Terlebih mandi malam yang terlalu sering dengan memakai air dingin memang dapat membuat otot semakin kaku. Tetapi hal tersebut akan terjadi bagi orang-orang yang tidak kuat suhu dingin. Dengan demikian pendapat bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik bisa mulai ditinggalkan.

Selain itu, berdasarkan penjelasan mengenai penyebab rematik sebelumnya memang tidak disebutkan bahwa mandi malam bisa memicu rematik. Apalagi dijelaskan juga bahwa rematik termasuk jenis penyakit autoimun yang mana sistem kekebalan tubuh seseorang akan menyerang tubuhnya sendiri.

Untuk penyakit rematik, kebanyakan bagian tubuh yang diserang oleh autoimun adalah bagian persendian. Sehingga dapat diketahui bahwa mandi malam bukanlah pemicu rematik atau hanya mitos saja.

Meskipun mandi malam bisa memicu rematik dianggap hanya sebagai mitos, namun bukan berarti penderita rematik bisa bebas mandi malam setiap hari. Sebab kebiasaan sering mandi malam terutama bagi penderita rematik ternyata bisa memperaparah kondisi nyeri sendi. Saat seseorang mandi malam hari, maka rasa dingin yang dialami akan menyebabkan nyeri sendi semakin parah.

Untuk itulah penderita rematik sebaiknya hindari kebiasaan mandi saat malam hari supaya tidak memperparah masalah persendian. Jika Anda terpaksa harus mandi malam hari sebaiknya gunakan air hangat supaya nyeri sendi tidak kambuh. Sedangkan bagi Anda yang tidak menderita rematik dan kuat terhadap suhu dingin maka tidak masalah untuk mandi malam selama tidak dilakukan terlalu sering.

Bahkan beberapa ahli menyebutkan bahwa mandi malam dengan memakai air hangat sangat bagus untuk mengidap insomnia. Sebab dengan mandi malam memakai air hangat maka tubuh Anda akan merasa lebih rileks sehingga rasa ngantuk akan cepat datang. Jadi untuk Anda yang tidak memiliki keluhan nyeri sendi sebaiknya tak perlu takut mandi malam karena mandi malam hari memicu rematik hanyalah mitos belaka.

Rheumapas: Solusi Terbaik untuk Rematik

Bagi Anda yang selama ini memiliki keluhan rematik berupa nyeri sendi yang menyiksa sebaiknya cobalah mengkonsumsi Rheumapas. Produk satu ini dibuat dari esktrak dua tumbuhan yang dikenal akan khasiatnya atasi rematik dan asma urat yaitu sambiloto dan temulawak. Perpaduan dua bahan ini menciptakan obat rematik yang sudah terbukti ampuh atasi keluhan nyeri sendi baik yang disebabkan oleh asma urat maupun rematik.

Rheumapas memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena selain menggunakan bahan-bahan alami, produk ini juga sudah memiliki izin POM. Dengan demikian Rheumapas aman dikonsumsi oleh segala usia termasuk anak-anak selama mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Konsumsi Rheumapas secara rutin maka masalah persendian Anda akan berangsur membaik dan bahkan bisa sembuh total.

Bagi Anda yang selama ini takut mandi malam karena munculnya kepercayaan bahwa mandi malam bisa memicu rematik sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab pendapat tersebut hanyalah mitos belaka yang belum terbukti secara medis kebenarannya. Namun bagi Anda yang sudah mengidap rematik sebaiknya hindari kebiasaan mandi malam dan konsumsi Rheumapas secara rutin.

Tinggalkan Komentar