4 Khasiat Ekstrak Kencur Untuk Tulang dan Radang Sendi

Rheumapas.com – Kencur merupakan salah satu dari bumbu dapur yang kaya dengan manfaat baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Selama ini, kencur sering digunakan untuk jamu penambah nafsu makan. Selain itu ternyata kencur juga memiliki kegunaan dalam mengatasi berbagai macam penyakit tulang seperti radang atau nyeri pada persendian tulang.

Kandungan ekstra kencur untuk sendi dan tulang karena kencur memiliki kandungan kurkumin. Kurkumin adalah salah satu zat anti inflamasi (anti radang) yang bisa mengatasi sakit pada persendian dan juga tulang.

Berikut adalah beberapa manfaat ekstrak kencur untuk kesehatan tulang antara lain adalah:

  1. Mencegah infeksi lebih buruk pada tulang

Kencur memiliki kandungan anti septik yang bisa mencegah terjadinya infeksi. Infeksi pada tulang terjadi karena serangan bakteri atau virus. Infeksi terjadi ketika kulit disekitar tulang mengalami luka atau mengalami bengkak. Contoh penyakit akibat dari infeksi virus pada tulang ialah paget tulang. Sehingga khasiat kencur untuk tulang bisa digunakan sebagai cara untuk mengobati penyakit paget secara alami.

  1. Dapat mengatasi radang sendi

Khasiat kencur untuk tulang ialah untuk mengurangi radang pada persendian tulang. Radang pada sendi dapat menjadi penyebab tulang menjadi ngilu dan sakit yang amat sangat. Kurkumin memiliki peran sebagai zat anti radang yang bisa digunakan sebagai cara untuk meredakan dan cara mengobati radang sendi pada tulang.

  1. Menurunkan risiko rematik

Sendi kaku ketika bangun tidur merupakan salah satu gejala rematik yang sangat wajar dan biasa terjadi. Kondisi ini tentu akan sangat menghambat segala rutinitas yang dilakukan pada pagi hari, dimana segala aktivitas berawal. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa memanfaatkan khasiat kencur untuk tulang yang sedang mengalami kaku ketika digunakan untuk bergerak. Konsumsi kencur dengan cara membuat ekstraknya dengan rutin dapat mencegah terjadinya tangan kaku tidak bisa digerakkan karena rematik.

  1. Menyembuhkan bengkak

Tulang yang sedang mengalami peradangan biasanya juga akan mengakibatkan bengkak di daerah sekitarnya. Khasiat kencur untuk tulang bisa digunakan untuk meredakan bengkak yang sedang dialami. Cara mengobati tulang bengkak dengan menggunakan kencur adalah dengan cara menumbuk kencur hingga halus. Kencur dapat dicampur dengan sereh ataupun beras. Setelah itu, hasil tumbukan tersebut dapat dioleskan ke bagian yang bengkak. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, lakukan perawatan dengan kencur ini secara rutin setiap hari.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dari kencur untuk merawat serta mengobati tulang yang sakit. Selain mengkonsumsi kencur, untuk pencegahan yang lebih maksimal lagi perlu diiringi dengan melakukan olahraga secara rutin dan sedikit kurangi aktivitas yang terlalu berat. Sehingga akan meminimalisir terjadinya rasa sakit pada tulang.

Baca juga