Efek Samping Minyak Ikan Yang harus Anda Ketahui

Apa itu minyak ikan?

Rheumapas.com – Minyak ikan merupakan ekstrak lemak ikan. Minyak ikan bisa diperoleh dari memakan ikan secara langsung atau bisa juga melalui suplemen.

Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang cukup penting untuk kesehatan . Ikan yang terkenal kaya dengan asam lemak omega‐3 yaitu salmon, tuna, sturgeon, mullet, bluefish, ikan teri, herring, trout, sarden dan menhaden.

Suplemen minyak ikan biasanya juga terdapat sedikit kandungan vitamin E. Bisa juga dikombinasikan bersama kalsium, zat besi, ataupun vitamin A, B1, B2, B3, C, atau D.

Minyak ikan biasa digunakan dalambanyak kondisi kesehatan, tapi yang paling sering digunakan untuk masalah jantung dan juga sistem darah. Beberapa orang menggunakan minyak ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah atau trigliserida.

Bukti ilmiah telah membuktikan bahwa minyak ikan merupakan suplemen yang bermanfaat dalam menurunkan trigliserida, hingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke ketika digunakan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

Minyak ikan juga umum digunakan untuk “makanan otak” yang dapat membantu dalam mengatasi depresi psikosis, attention deficit‐hyperactivity disorder, penyakit Alzheimer, dan juga kelainan pada otak lainnya.

Beberapa orang lainnya biasa menggunakan minyak ikan dalam mengobati glaukoma, mata yang kering, dan juga macular degeneration  yaitu kondisi umum yang terjadi pada orang tua dan bisa menyebabkan masalah yang serius pada penglihatan.

Wanita terkadang mengonsumsi minyak ini bertujuan untuk mencegah rasa nyeri pada saat haid, nyeri payudara dan komplikasi kehamilan contohnya seperti keguguran, tekanan darah yang tinggi pada kehamilan (preeklampsia), dan persalinan dini.

Minyak ikan biasa juga digunakan untuk diabetes, asma, kelainan perkembangan koordinasi, kelainan pergerakan, obesitas, disleksia, penyakit ginjal, tulang yang lemah (osteoporosis), penyakit tertentu yang berhubungan dengan nyeri dan juga bengkak seperti psoriasis, dan mencegah dari penurunan berat badan akibat dari obat kanker.

Bagaimana cara kerjanya?

Kandungan paling banyak ditemukan pada minyak ikan adalah asam lemak omega‐3, termasuk juga EPA dan DHA.

Asam lemak omega-3 bekerja untuk mengurangi peradangan sehingga efektif dalam meredakan nyeri dan bengkak. Ini mungkin dapat menjelaskan kenapa minyak ikan cenderung efektif untuk psoriasis dan mata kering.

Lemak jenuh ini juga dapat mencegah pembekuan darah, sehingga dinilai bermanfaat pada beberapa kondisi jantung.

Efek Samping Minyak Ikan

Apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan minyak ikan?

Beberapa efek samping minyak ikan paling umum adalah

  • Akan Mengurangi aktivitas sistem kekebalan pada tubuh
  • Bau mulut
  • Sakit perut
  • Bersendawa
  • Ruam
  • Mimisan
  • Diare

Tidak semua orang akan mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping yang lain yang juga tidak dicantumkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, harap segera berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi minyak ikan?

Suplemen herbal ini bisa berinteraksi dengan pengobatan yang lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Oleh karena itu, usahakan selalu konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum Anda menggunakan.

Baca juga