Rheumapas

efek samping jintan hitam

12 Manfaat Dan Efek Samping Jintan Hitam Bagi Kesehatan

12 Manfaat Dan Efek Samping Jintan Hitam Bagi Kesehatan

Rheumapas.com – Manfaat jintan hitam sejak dulu diyakini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Nama lainnya dari herbal ini adalah Habbatussauda atau kita lebih kenal sebagai jintan hitam. Bagi umat muslim, penggunaan jintan hitam ini juga sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah sudah menggunakan jintan hitam untuk media pengobatan. Dalam bidang akademis, jintan hitam sudah diteliti dan juga membenarkan khasiat jintan hitam yang hebat.

Manfaat Dari Jintan Hitam Bagi Kesehatan

  1. Ampu Dalam Mengobati Asma
  2. Herbal Anti Alergi
  3. Meningkatkan Konsentrasi Otak
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  5. Menetralisir Racun
  6. Anti Bakteri Pada Saluran Pencernaan
  7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  8. Sumber Nutrisi Sehat
  9. Mengatasi Penyakit Diabetes
  10. Herbal Untuk Epilepsi
  11. Melawan Kanker Usus Besar
  12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Efek Samping Jintan Hitam

Jintan hitam mungkin aman untuk dikonsumsi dalam batas kewajaran, namun ia juga memiliki efek samping yang cukup besar jika dikonsumsi pada dosis obat. Berikut merupakan beberapa efek samping jintan hitam yang harus di pertimbangkan.

  • Kehamilan dan menyusui, Jintan hitam tampaknya aman untuk konsumsi dalam jumlah yang wajar. Tetapi jika anda mengkonsumsi dalam dosis obat yang lebih besar KEMUNGKINAN akan tidak aman. Jintan hitam bisa memperlambat atau menghentikan rahim dari kontraksi. Tidak banyak diketahui tentang keamanan menggunakan biji jintan hitam selama menyusui, namun untuk menjaga keamanan ketika menyusui ada baiknya menghindarinya.
  • Anak-anak: biji jintan hitam mungkin AMAN bagi anak-anak ketika diminum untuk jangka pendek dan tentu dalam jumlah yang telah direkomentasikan.
  • Gangguan perdarahan, Black Seed dapat memperlambat pembekuan darah serta meningkatkan risiko perdarahan. Secara teori, black seed mungkin dapat membuat gangguan perdarahan parah.
  • Diabetes, biji  jintan hitam bisa menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) serta memonitor gula darah Anda, hati-hati jika Anda memiliki diabetes serta menggunakan blackseed.
  • Tekanan darah rendah, Herbal yang bisa menurunkan tekanan darah rendah. Secara teori, mengkonsumsinya mungkin bisa membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah sehingga harus dimonitor jika anda sedang mengkonsumsinya.
  • Bedah: Black Seed dapat memperlambat pembekuan darah, mengurangi gula darah, serta meningkatkan kantuk pada beberapa orang. Secara teori, black seed juga dapat meningkatkan risiko untuk perdarahan dan mengganggu kontrol gula darah dan anestesi selama atau setelah prosedur bedah. Berhenti menggunakan biji jintan hitam setidaknya pada dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Manfaat jintan hitam bagi kesehatan tubuh memang banyak, namun Anda harus juga mewaspadai efek samping jintan hitam yang dapat berpengaruh pada kesehatan.

Baca juga

Tinggalkan Komentar