efek buruk daun pandan

Manfaat Tanpa Efek Buruk Daun Pandan

Manfaat Tanpa Efek Buruk Daun Pandan

Rheumapas.com – Daun pandan merupakan satu bahan makanan yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk memberikan aroma khas. Selain itu, daun pandan juga kerap kali dijadikan pewarna atau penambah rasa untuk beberapa jenis makanan dan juga minuman. Tahukah Anda manfaat daun pandan untuk saraf dan kesehatan

Manfaat Tanpa Efek Buruk Daun Pandan

Memiliki aroma yang khas, daun pandan juga kerap digunakan agar makanan atau minuman memiliki aroma yang alami. Dengan kandungan glikosida, tannin,  dan alkaloid, daun pandan ternyata dapat bermanfaat untuk tubuh, berikut ini berbagai manfaat dari daun pandan:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun pandan yang pertama ialah kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ekstrak daun pandan mampu menurunkan kadar gula darah. Tidak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu untuk meningkatkan produksi insulin sel pankreas. Hal ini tentu dapat mencegah datangnya diabetes.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan menjadi salah satu khasiat dari pandan. Dengan menambahkan aroma pandan dengan makanan, hal itu akan merangsang nafsu makan dan juga rasa lapar. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat yang khusus dapat meningkatkan nafsu makan.

  1. Menetralisir racun di dalam tubuh

Manfaat daun pandan juga bisa mengatasi keracunan. Caranya, Anda bisa membuat teh dari dari daun pandan. Kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun pada tubuh, khususnya organ hati. Hal ini akan membantu mengeluarkan racun dan juga zat tidak sehat pada hati dan tubuh Anda.

  1. Menjaga kondisi saraf

Percaya atau tidak, manfaat dari daun pandan lainnya yang bisa didapatkan ialah sebagai obat saraf. Minum air rebusan daun pandan dapat mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan cara meminumnya 2 kali sehari.

  1. Mengatasi nyeri

Sifat analgetik pada daun pandan dapat mengatasi rasa nyeri di kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan karena arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi daun teh pandan dua kali pada sehari.

  1. Mengatasi rematik

Manfaat daun pandan yang lainnya adalah kemampuannya mengatasi rematik. Bagaimana cara menggunakan daun pandan untuk rematik? Caranya, rebus daun pandan setelah itu air rebusannya digunakan sebagai minyak gosok dengan minyak kelapa pada area tubuh yang terkena rematik. Bagian tubuh yang sering terkena rematik ialah lutut, kaki dan pergelangan tangan.

  1. Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe

Daun pandan yang ditumbuk halus lalu dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan di rambut dan kulit kepala. Rutin menggunakannya sebagai masker untuk rambut, maka masalah rambut seperti kerontokan dan ketombe akan hilang.

  1. Melawan kanker

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa manfaat daun pandan dapat mengatasi kanker. Daun pandan bersifat antimitotic, antiproliferatif, apoptosis, dan efek sitotoksik.

Baca juga

 

 

Tinggalkan Komentar