Rheumapas

durian kolesterol asam urat

Hubungan Antara Durian Kolesterol Asam urat

Hubungan Antara Durian Kolesterol Asam urat

Meski memiliki bau khas yang sangat menyengat, sebenarnya durian memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sayangnya, banyak orang takut efek dari makan durian karena mengira buah ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lantas, benarkah anggapan tersebut? Berikut merupakan hubungan antara durian kolesterol asam urat :

Nutrisi pada buah durian

Berat satu biji buah durian kurang lebih 40 gram. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang terdiri dari 5,3 gram lemak, 98 gram karbohidrat, dan juga 5 gram protein. Total kalori yang terkandung pada100 gram buah durian diperkiraan sudah cukup dalam memenuhi 7 persen kebutuhan kalori dalam sehari.

Makan satu porsi durian menyediakan 33 persen asupan dari vitamin C dan 25 persen tiamin yang Anda butuhkan pada setiap hari. Durian adalah sumber dari vitamin B6 dan kalium yang baik, karena memiliki 16 persen B6 dan juga 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari.

Lantas, apakah benar efek makan durian bisa bikin kolesterol naik?

Banyak anggapan yang telah beredar di masyarakat bahwa durian tinggi kolesterol sehingga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Pada kenyataannya, banyak penelitian meyebeutkan bahwa buah durian tidak memiliki kandungan kolesterol pada buahnya, alias memiliki nol kandungan kolesterol.

Sebaliknya, menurut Dr. Abel Soh, seorang ahli endokrin di Rafles Diabetes dan Endocrine Center, durian memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak pada tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi, anggapan yang mengatakan jika efek makan durian bisa membuat kolesterol naik tidak benar. Oleh karena itu, orang yang punya kondisi kolesterol tinggi sebenarnya boleh saja makan buah durian akan tetapi tetap dalam batas wajar.

Meski begitu, durian mengandung sedikit lemak jenuh berbahaya, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, durian juga memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup lumayan tinggi, sehingga kebanyakan ahli mengakatakan setiap orang membatasi jumlah durian yang dikonsumsi.

Terutama untuk mereka yang berencana dalam menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan serta orang dengan penyakit diabetes.

Efek duriain terhadap asam urat

Berbicara mengenai makanan, apakah durian juga bisa menyebabkan asam urat?

Di Indonesia sendiri durian bisa dibilang rajanya buah-buahan. Julukan ini sangat cocok diberikan pada durian karena memiliki aroma yang sangat khas dan rasanya yang nikmat. Durian memiliki kandungan contohnya seperti asam folat, vitamin, nutrisi, dan purin. Karena durian mengandung purin, maka hal ini menandakan bahwa bagi penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi durian, apalagi jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Jika hal tersebut diabaikan maka dapat meningkatkan kadar purin pada tubuh, sehingga akan memperparah penyakit yang diderita. Bahkan orang yang tidak sedang menderita asam urat pun sebisa mungkin harus menghindari mengonsumsi secara berlebihan, karena bisa meningkatkan risiko untuk terkena penyakit asam urat di kemudian hari.

Baca juga

 

 

Tinggalkan Komentar